Apakah Anda suka menonton film dan ingin menjadi pembuat film, layaknya Hanung Bramantyo dan Garin Nugroho? Membuat sebuah film prosesnya tidak semudah yang kita bayangkan dan memerlukan kemampuan yang tidak biasa supaya hasil film yang dibuat bisa memuaskan. Oleh sebab itu, sekolah video editing sangat penting dan dibutuhkan sekarang ini.

Melihat akan kondisi tersebut, sekolah video editing menjadi hal yang mungkin tidak terpikirkan. Tetapi, ketika Anda sudah memiliki kegemaran dan suka dengan dunia perfilman, maka tidak salah untuk meneruskan ke kampus-kampus yang menawarkan jurusan video editing.

sekolah video editing
sekolah video editing

Jurusan film tidak hanya menawarkan video editing semata, Anda akan mendapatkan ilmu lain yang bisa meningkatkan kemampuan di bidang perfilman.

  • Producing

Di jurusan film Anda akan dikenalkan dengan dasar-dasar produksi audio visual, lalu workflow dari Pra-Produksi, produksi hingga dasar dari Pasca-Produksi. Tidak hanya itu, Anda akan dibekali dengan manajemen produksi juga. Manajemen produksi ini meliputi asisten sutradara hingga produser pelaksana.

  • Film History

Bagi Anda yang ingin kuliah di jurusan film, maka Anda akan dikenalkan dengan sejara film nasional maupun dunia. Anda akan melihat era-era produksi film serta industri film, mulai dari inovasi teknologi yang digunakan, hingga film-film yang sudah diproduksi. Nantinya, sejarah film akan dianalisis dan diteliti dari aspek sosial, teknologi, budaya, hingga ekonomi industri.

  • Screenwriting

Jika Anda memilih jurusan film, screenwriting menjadi matakuliah wajib. Di sini Anda akan diajarkan penulisan skenario, membedah teori dasar, hingga pemetaan cerita, premis, dan masih banyak lagi.

  • Cinematography

Mempelajari cinematography Anda akan mendapatkan sejarah dari kamera film hingga peran penata kamera. Di matakuliah ini Anda akan memperoleh teori konsep visual, membuat konsep visual, membaca storyboard, dasar menggunakan kamera video, hingga tahap editing video. Jelas, dengan ini Anda akan mendapatkan bekal yang mumpuni untuk berkecimpung di industri perfilman jika sudah lulus.

Empat mata kuliah itulah yang akan Anda dapatkan jika memilih jurusan film. Selain menggali kemampuan editing video, Anda akan mendapatkan bekal lainnya. Maka, jika sudah berminat dengan dunia perfilman, mulailah mencari sekolah video editing yang ada di sekitar Anda.