kecerdasan anak
kecerdasan anak

Masa-masa keemasan anak hendaknya dibarengi dengan berbagai macam hal yang dapat meningkatkan kecerdasannya. Hal ini dikarenakan kemampuan Si Kecil yang mulai berkembang untuk dapat menerima hal-hal yang baru untuk belajar. Pembelajaran pun harus dikemas dengan tepat sesuai dengan tahapan usianya.

Metode belajar yang baik dapat memacu otak untuk dapat bekerja dengan baik dan meningkatkan daya ingatnya. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kecerdasan anak dengan berbagai metode yang tepat sasaran. Berikut ini adalah beberapa cara bagi orang tua dalam melakukan proses belajar terhadap anak agar dapat meningkatkan minatnya untuk belajar guna menstimulasi kecerdasannya.

kecerdasan anak
kecerdasan anak

Menggunakan Pemilihan Kata yang Sesuai

Proses belajar dan mengajar bagi anak harus menyesuaikan dengan kondisi anak tersebut. Perlu diperhatikan mulai dari berapa usianya, apa saja kelebihannya dan apa yang menjadi kesukaannya. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah dalam cara penyampaian materinya harus menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti.

Tentu saja Si Kecil masih dalam proses belajar hal-hal dasar dan tidak semua kata dapat dipahaminya. Oleh karena itu lebih baik jika menggunakan kata-kata yang simpel dan langsung pada inti dari materi.

Materi-materi Ringan dan Mendasar

Perlahan-lahan tapi pasti setiap jenjang usia anak mengalami peningkatan kecerdasan. Namun tetap saja materi yang diberikan harus disesuaikan. Materi belajar bagi Si Kecil tentu berbeda dengan anak yang lebih dewasa dari dirinya. Pemilihan materi sebaiknya seperti mengenali benda-benda sekitar, mengenal jenis jenis hewan, tumbuhan dan sebagainya. Hal ini untuk memicu rasa ingin tahu Si Kecil terhadap hal-hal yang baru dikenalnya.

Mengenalkan Langsung dengan Objek yang Dipelajari

Rasa penasaran anak terhadap hal-hal yang baru dipelajari tentu harus dipenuhi oleh orang tua. Caranya adalah dengan menyediakan objek-objek yang menjadi materi belajarnya jika memungkinkan. Misalnya saat Si Kecil belajar mengenai jenis-jenis hewan ajak untuk berkunjung ke kebun binatang. Tentu ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi Si Kecil.

Beberapa cara tersebut dapat memudahkan Si Kecil dalam menjalani segala proses belajarnya. Ketika beranjak dewasa perlu ditingkatkan mengenai materi yang diajarkan hingga lama waktu belajarnya. Jangan lupa untuk membantu melengkapi nutrisi dengan rangkaian susu pertumbuhan dari Dancow Gum untuk anak di atas usia 1 tahun. Kecerdasan yang sesungguhnya harus dibarengi dengan asupan yang baik.