Diare pada anak
Diare pada anak

Tidak heran jika di usia anak segala gangguan kesehatan seperti diare, demam, muntah, flu, bisa dialami secara rutin. Hal tersebut memang karena karakter anak yang lincah dan baru mengenal lingkungan secara abstrak tanpa memikirkan mana yang aman dan baik terutama untuk dikonsumsi.

Diare pada anak adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang sering terjadi, dimana kurangnya memperhatikan kebersihan makanan dan juga tidak higienisnya tangan dan alat makan dan minum yang menjadi penyebab utama timbulnya bakteri penyebab diare. Penyakit ini dapat menyebar melalui makanan yang biasa dikonsumsi penderita, karena itulah anda mesti memisahkan tempat makan bagi penderita yang mengalami gejala diare.

Diare pada anak
Diare pada anak

Nah ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk menghindari timbulnya penyakit diare, diantaranya yaitu :

  • Memastikan kebersihan lingkungan rumah

Penyakit diare ini tiada lain mudah tersebar karena lingkungan yang kotor seperti bertumpuknya sampah, adanya kotoran hewan, makanan basi, dan lain sebagainya. Makanan dan minuman bisa saja terkontaminasi secara langsung baik dari lingkungan kotor ataupun dari hewan seperti lalat. Lalat mudah mudah menempel dari satu kotoran atau sesuatu yang kotor ke makanan yang tidak dibungkus, yang akibatnya mudah dikonsumsi dan terjadilah infeksi. Karena itulah, kebersihan lingkungan mesti diutamakan.

  • Memilih dan disiplin menyimpan makanan

Pastikan anda tau kadaluarsa dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, anda juga mesti menyimpan makanan di tempat yang tidak terjangkau oleh lalat seperti menggunakan plastik ataupun disimpan di tempat yang tertutup. Dengan begitu, maka penyebaran penyakit diare dan lainnya pun dapat terhindari. Seperti susu Dancow yang lebih sehat dan terjaga kebersihannya.

  • Biasakan menjaga kebsersihan diri

Tidak hanya lewat lingkungan yang kotor penyakit mudah menyebar, melainkan dari kebiasaan yang tidak sehat juga kmungkinan bisa terjadi. Cuci tangan sebelum makan haruslah dibiasakan, karena tangan dapat terkontaminasi oleh kotoran penyebab timbulnya beberapa penyakit.

Ketiga hal di atas haruslah diterangkan kepada anak-anak, sehingga mereka bisa terhindar dari bahaya gejala penyakit diare. Diare pada anak tentunya dapat membahayakan nyawa mereka jika tidak segera dilakukan penanganan secara medis dari dokter.