gejala infeksi saluran pencernaan
gejala infeksi saluran pencernaan

Anak merupakan titipan Tuhan, oleh karena itu kita diwajibkan untuk merawat dan mendidik anak kita dengan baik dan benar. Banyak sekali yang dapat kita lakukan, contohnya adalah membiarkannya bermain diluar rumah agar memperkenalkannya kepada teman dan lingkungan sekitar. Tetapi anda juga harus tahu gejala infeksi saluran pencernaan yang biasanya menyerang kepada balita, hal itu disebabkan karena lingkungan bermain yang kotor dan juga tidak sehat membuat berbagai virus dan bakteri mudah masuk menjangkiti tubuh sang anak. Bukan hanya itu, metabolisme tubuh anak yang masih lemah juga berpengaruh besar kepada tingkat kesehatan anak anda.

Jangan pernah menganggap remeh lingkungan sekitar, karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, contohnya adalah infeksi pencernaan. Untuk mengenalinya, berikut adalah gejala infeksi saluran pencernaan pada balita:

  • Demam, mungkin terdengar sangat sederhana ditelinga kita, tetapi jangan pernah mengabaikan jika anak anda terserang demam dalam waktu yang panjang dan juga berkelanjutan. Hal itu dikarenakan demam bisa menjadi salah satu gejala penyakit infeksi saluran pencernaan yang menyerang metabolisme tubuh anak anda.
  • Mual dan mulas juga merupakan gejala infeksi tersebut, hal itu dikarenakan, bibit penyakit yang menyerang saluran penceraan anda terus memberontak sehingga menimbulkan rasa mulas yang berlebihan serta mual karena kosongnya bagian pencernaan di dalam tubuh.
  • Diare adalah gejala utama dan paling sering ditemui pada anak yang menderita infeksi saluran pencernaan, hal itu dikarenakan infeksi tersebut menyerang dinding-dinding saluran usus yang membuat kita terasa ingin BAB secara terus menerus tetapi tak ada makanan yang diolah, sehingga kotoran menjadi cair.

Hal yang paling utama dalam penyebab gejala infeksi saluran pencernaan bagi balita adalah lingkungannya. Lingkungan yang tidak steril dan penuh bakteri dapat memperbesar resiko masuknya kuman, virus dan bakteri sebagai sumber penyakit. Mulailah menggunakan sabun Lifebuoy yang terpercaya dan terbukti dapat membunuh kuman dan bakteri hingga 90% demi menjaga kesehatan dan masa depan sang buah hati, agar tak terserang penyakit infeksi saluran pencernaan yang menyiksa.