makanan yang mengandung protein
makanan yang mengandung protein

Pertumbuhan dan perkembangan anak bagi orang tua merupakan salah satu hal penting yang harus diutamakan. Bahkan orang tua rela makan seadanya, hanya untuk memberikan makanan terbaik bahkan mahal sekalipun demi membuat anaknya tumbuh sehat dan normal. Berbicara mengenai makanan, nampaknya sebagai makhluk hidup kita tak mampu bertahan tanpa adanya makanan yang masuk dan dicerna oleh tubuh.

Karena dalam bahan makanan terkandung berbagai jenis nutrisi atau gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, untuk melangsungkan proses metabolisme. Dan untuk membantu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, tentu tak lepas dari bantuan asupan makanan yang bergizi, termasuk memberikan asupan makanan yang mengandung protein.

Mengapa harus makanan yang mengandung protein? Karena perlu untuk diketahui, bahwasannya protein itu sendiri merupakan senyawa yang memiliki peranan penting dalam melangsungkan proses metabolisme dan menjaga sistem imunitas tubuh tetap baik. Protein pun tersusun dari beberapa molekul diantaranya, karbon, hidrogen, oksigen, serta molekul lainnya yang memberikan fungsi dan manfaat tersendiri.

Dan apabila tubuh kekurangan protein makan akan menimbulkan efek negatif seperti, busung lapar yang banyak terjadi pada anak-anak, kerontokan pada rambut, gangguan dalam tahapan pertumbuhan, dan apabila terus dibiarkan berkelanjutan maka akan menimbulkan kematian.

Oleh karenanya, protein sangat penting untuk tubuh si kecil. Cukupi asupan proteinnya dengan menyediakan hidangan dari bahan makanan berikut ini:

  1. Daging, baik daging ayam maupun daging sapi. Namun untuk daging ayam, alangkah baiknya berikan bagian dada yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit.
  2. Ikan tuna, dengan kandungan proteinnya yang cukup tinggi, ikan tuna sangat dianjurkan bagi si kecil. Karena selain dari protein, pun mengandung asam lemak omega 3, vitamin, serta berbagai kandungan gizi lainnya.
  3. Telur, terutama bagian putihnya sebagai sumber protein yang telah diketahui oleh masyarakat pada umumnya.
  4. Kacang kedelai yang memiliki kandungan protein dengan nilai yang hampir setara dengan nilai protein dari daging dan telur.

Tinggalkan balasan