Mau naik pesawat jenis apapun, tak terkecuali lion air. Jika anda baru pertama kali naik pesawat ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu hal-hal yang harus dilakukan sebelum keberangkatan. Jangn coba-coba untuk tidak menyiapkanya, sebab naik pesawat itu beda dengan naik kendaraan umum lainnya macam bus ataupun taxi.

Untuk naik pesawat, ada prosedur dan aturan yang musti di taati. Bahkan beberapa harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum menuju bandara dan naik pesawat. Itulah mengapa untuk beberapa tujuan tertentu, naik pesawat tidak bisa dilakukan dalam waktu mendesak. Kecuali kalau itu pesawat pribadi anda. Berikut hal-hal yang harus anda persiapkan:

1. Lihat Jadwal Keberangkatan anda dan datanglah 2 jam sebelum keberangkatan.
Ingat, bandara bukan terminal yang lihat bis, naik, beli tiket di dalam langsung berangkat. Untuk naik pesawat memakan waktu yang cukup lama. Apalagi untuk bandara-bandara besar yang mengharuskan anda mencari teminal keberangkatan sesuai nama maskapai. Cukup memakan waktu. Belum lagi ditambah waktu untuk pemeriksaan keamanan, check ini hingga berjalan di dalam ruang boarding dan duduk. Itu juga butuh waktu lama. Maka sebaiknya anda datang dua jam sebelum keberangkatan, bahkan bagi mereka yang mengambil aman malah tiba di bandara 3 jam sebelum keberangkatan. Jangan coba-coba untuk berangkat mepet, apalagi telat. Pasti anda ketinggalan terbang.

2. Pemeriksaan keamanan
Tak terkecuali di Lion Air, pemerikaan keamanan adalah prosedur wajib yang harus dilakukan dan dilalui. Umumnya pemeriksaan keamanan akan dilakukan sebanyak dua kali. Satu kali saat anda masuk bandaran untuk check ini. anda dan koper anda akan diperiksa dengan metal detector dan sinar x. Kadang-kadang, anda juga akan diminta melepas alat logam anda. ingat, jangan coba-coba bawa narkoba, senjata tajam, bahan mudah terbakar, apalagi bom. Anda akan berurusan dengan pihak berwajib.

Pemerikaan keamanan kedua berlangsung ketika anda akan memasuki ruang tunggu sebelum naik pesawat. Alat pemeriksanya sama, metal detektor dan pemeriksa barang. Bedanya kali ini yang diperiksa adalah bawaan benda cair. Jangan lebih dari 100 ml kalau membawa benda cair, air mineral saja disita petugas yang lebih dari 100 ml.

3. Check in
Lion air dan maskapai penerbangan lain pasti mengharuskan anda untuk check ini. Carilah loket check in sesuai maskapai anda. ini adalah prosedur resmi yang harus dilakukan pihak maskapai. Anda akan diminta identitas anda.

4. . Duduk di pesawat
Jika panggilan untuk naik pesawat terdengar, silakan antre masuk pesawat. Yang naik dulu biasanya kelas bisnis atau manula dan anak-anak.

Nah, sementara jika anda naik pesawat menuju luar negeri, anda akan melalui pemeriksaan pihak imigrasi. Jangan lupa bawa passpord. Jika anda belum memiliki tiket, silakan kunjungi traveloka untukmelakukan pemesanan.