cara membuat anak cerdas

Cara Membuat Anak Cerdas memang bermacam – macam, ada yang dengan makanan, dengan latihan, bahkan juga dengan sebuah permainan. Nah, hal ini dilakukan oleh orang tua semata – mata agar buah hati mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Berikut kita akan ulas tentang 5 langkah 5 Cara Membuat Anak Cerdas untuk mendukung kecerdasan otak anak.cara membuat anak cerdas Simak baik – baik ya.

  1. Mendengarkan Lagu

Dengan mendengarkan lagu akan membantu anak mempelajari berbagai bunyi dan menambah perbendaharaan katanya. Pilihlah lagu – lagu sederhana dengan syair yang memiliki rima, nada yang unik dan dapat membuat orang tua bergerak bersama si kecil.

2. Asupan Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki banyak bermanfaat untuk otak dan juga dapat mengaktifkan area otak yang berpotensi mendorong peningkatan daya konsentrasi, memori dan juga aspek kognitif lainnya. Berikan suplemen seperti minyak ikan dan berbagai makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan DHA.

3. Mainan Edukatif

Anda dapat memberikan anak mainan yang edukatif yaitu mainan yang mampu mengasah otak anak seperti puzzle, games Sudoku, catur atau teka-teki silang khusus anak. Menghafal hal – hal sederhana juga merupakan salah satu hal yang dapat mengasah otak anak, jangan lupa berikan dia reward atau apresiasi saat ia berhasil.

4. Batasi Jam Menonton TV

Salah satu cara mendidik anak yang salah yaitu dengan membiarkannya banyak menonton TV. Banyak menghabiskan waktu didepan TV akan membuat anak menjadi malas, selain itu banyak pengaruh negatif dalam acara TV yang dapat meresap pada anak. Batasi jam dan beri jadwal anak untuk nonton TV, menurut para ahli psikologi anak waktu yang tepat yaitu  sekitar 2 jam dalam sehari.

5. Kehangatan Keluarga

Pada umumnya anak – anak yang tinggal dan tumbuh bersama orang tua yang berkarakter keras beresiko yang lebih besar pada masalah keterampilan anak, namun sebaliknya penelitian menunjukkan bahwa kondisi emosional yang hangat dan juga stabil sangat penting dalam perkembangan fungsi kognitif dan keterampilan pada anak.

Nah, demikianlah tulisan mengenai Cara Membuat Anak Cerdas.  Semoga bermanfaat.

Tinggalkan balasan