kredit mobil tepat
kredit mobil tepat

Bagi sebagian orang memiliki sebuah mobil baru menjadi sebuah kebutuhan wajib yang dilakukan di awal tahun. Pembelian secara kredit tentunya akan memberikan keuntungan untuk bisa segera membawa pulang mobil impian. Kecilnya biaya yang perlu dibayarkan sebagai uang muka menjadi magnet tersendiri untuk mendapatkan mobil tersebut. Agar proses kredit aman dan nyaman maka penting sekali mendapatkan penyedia kredit mobil terbaik. Sehingga anda bisa mendapatkan mobil sesuai keinginan tanpa ribet prosedur pengajuan kreditnya.

 

Agar proses pengambilan mobil secara kredit tidak menjadi masalah di kemudian hari, maka berikut tips yang bisa diaplikasikan:

 

Mengusahakan uang muka diatas 20%

 

Sebagian besar lembaga pembiayaan ataupun bank menawarkan besarnya uang muka sekitar 10-20% dari total harga mobil. Hal ini memang menjadikan beban awal menjadi lebih ringan, namun usahakan memiliki uang muka diatas presentase tersebut. Semakin tinggi uang muka yang disediakan maka besarnya angsuran akan lebih terjangkau. Kemudian anda juga akan memiliki kesempatan untuk menentukan besarnya cicilan per bulan sekaligus jangka waktu kredit.

 

Pastikan jangka waktu kredit tidak melebihi nilai ekonomis mobil

 

Ketika anda mengajukan besarnya uang muka di atas 20% maka anda bisa leluasa menentukan lama jangka waktu kredit. Penentuan jangka waktu ini tentunya perlu memperhatikan nilai ekonomis mobil yang dibeli. Pastikan usia ekonomis yang ditentukan oleh produsen mobil tersebut, umumnya usia ekonomis sebuah mobil sekitar 5 tahun. Maka, ketika menentukan jangka waktu pelunasan sebaiknya sebelum 5 tahun. Sehingga biaya perbaikan yang dibebankan kepada konsumen tidak terlalu besar, dan mudah dijangkau. Ketika masa ekonomis berakhir dan kebetulan masih terbebani biaya kredit maka beban biaya keseluruhan tentu akan berlipat.

 

Gunakan uang muka yang memang uang anda

 

Hindari kegiatan mengajukan pinjaman ke bank untuk dijadikan sebagai uang muka membeli mobil secara kredit. Jika hal ini dilakukan maka anda akan mengalami kerugian ganda sebab perlu menanggung bunga kredit uang pinjaman. Sekaligus membayar bunga kredit oleh lembaga pembiayaan yang melayani kredit mobil tersebut. Angsuran dua kali lipat ini menjadikan beban tagihan kredit bulanan anda juga semakin besar. Penting sekali menabung sedini mungkin agar jumlah uang yang dimiliki mencukupi untuk membayar uang muka kredit sebuah mobil.

 

Memilih dealer dan lembaga pembiayaan yang tepat

 

Beberapa dealer memungkinkan anda memilih sendiri lembaga pembiayaan yang akan membayar sisa biaya mobil yang anda kredit. Keuntungan bisa memilih leasing sendiri ialah bisa mengetahui besarnya bunga dan juga kualitas layanan leasing tersebut. Sehingga anda bisa mengetahui besarnya angsuran per bulan sebagai dasar berjaga-jaga sebelum tanggal pembayaran. Namun beberapa dealer sudah menjalin kerjasama dengan leasing pilihan, sehingga anda hanya bisa mengikuti prosedur yang diberlakukan. Hal ini merupakan mutlak keinginan anda untuk memilih dealer mana dan jenis mobil dari vendor mana. Guna kemudahan menentukan leasing ataukah ikut saja dengan dealer agar lebih praktis.

 

Utamakan fungsi bukan gengsi

 

Mencari mobil yang dijual dengan harga sesuai dengan kemampuan finansial yang dimilliki akan menguntungkan. Sehingga anda perlu mencari mobil yang menjawab kebutuhan, jika memiliki mobil mewah namun tidak nyaman untuk keluarga maka akan percuma. Fungsi mobil yang memudahkan mobilitas anda sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Hal ini penting untuk menghindari masalah di ujung kredit yang dilakukan. Sekaligus menghindari anda mengalami kerugian dari kepemilikan sebuah mobil.

 

Jangan lupakan pula pentingnya memilih kredit mobil terbaik untuk menunjang kebutuhan akan mobil impian.