Aneka Macam Pashmina
Aneka Macam Pashmina

Pashmina merupakan salah satu fashion wanita modern saat ini. Siapa yang tidak mengenalnya, semua wanita pasti tahu. Pashmina adalah salah satu jenis kerudung wanita, bentuknya persis menyerupai selendang dengan bahan dan model yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Awalnya pashmina dibuat dengan menggunakan serat bulu domba yang ditenun dengan cara kuno sehingga menjadi selendang atau syal, seiring perkembangan zaman dan teknologi kini pashmina tidak hanya dibuat dari bulu domba, dan kegunaannya pun tidak sebatas menjadi selendang atau pun syal. Kini pashmina menjadi salah satu hijab bagi kaum wanita dengan beragam model , bentuk, warna. Berikut beberapa jenis pashmina modern yang harus anda ketahui :

Pashmina sutra

dari namnya saja sudah tentu bahwa pashmina ini terbuat dari bahan sutra, pashmina sutra berkarakter sangat lembut, halus, dan hangat,  pashmina ini dibuat dengan komposisi 70% pashmina dan 30% sutra. Namun adapula yang membuat pashmina sutra dengan komposisi 50% pashmina dan 50% sutra.

Pashmina cashmere

Pashmina cashmere terbuat dari bahan serat binatang yaitu domba cashmere. Sesuai namanya domba cashmere terdapat di daerah Kashmir India, maka pashmina  ini banyak di produksi dan di pasarkan di daerah tersebut. Bulu domba yang umunya berwarna hitam, coklat, ataup putih diolah melalui berbagai macam proses sehingga menghasilkan warna-warna lain sesuai kebutuhan konsumen.

Pashmina chiffon

Pashmina chiffon terbuat dari serat kapas, serta sintetis, polyester, atau sutra, sehingga menghasilkan bahan yang lembut, halus, dan berkarakter ringan. Namun pashmina chiffon ini tipis dan transparan, sehingga mudah robek dan menerangan.

Pashmina ceruti

Pashmina ceruti ini berkarakter halus, lembut, dan juga tipis. Pashmina ini tidak jauh berbeda dengan pashmina chiffon, namun pashmina ini  agak sedikit berat jika dibandingkan pashmina  chiffon, serta memiliki pori-pori seperti kulit jeruk.

pashmina satin

Pashmina satin memiliki karakteristik permukaannya yang halus, mengkilap, lembut dan licin. Pashmina  ini ditenun dengam menggunakan teknik serat flamen berkualitas tinggi sehingga berbeda dengan jenis pashmina-pashmina yang lain.

Pashmina tricot

Pashmina tricot dibuat dari bahan sintetis dan termasuk kedalam jemis kain rajut yang berkarakteristik halus, lentur, kuat, sejuk dan lembut.