tepung terigu protein tinggi
tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu sangat sering ekali digunakan dalam pembuatan roti baik roti kering maupun roti basah, nahhh ada hal ga biasa dalam penggunaan tepung terigu protein tinggi ini dalam membuat bahan makanan.

Tepung terigu protein tinggi terdapat dalam tepung terigu yang bermerek seperti tepung terigu bungasari.. Kandungan proteinnya terdapat dikisaran 11-13%. untuk tepung terigu seperti ini paling cocok dipergunakan dalam pembuatan roti. Tepung terigu ini  memiliki kadar gluten. Fungsi gluten ini sendiri dalam pembuatan roti adalah untuk menahan gas yang dihasilkan dari yeast/gist. Ada jenis makanan yang dapat dibuat dari tepung terigu berprotein tinggi diantaranya :

  1. Kulit martabak telur

dalam pembuatan martabak telur pasti selalu tedapat kulit yang terbuat dari tepung terigu berprotein tinggi (Bungasari) hal ini dikarenakan hanya tepung terigu protein tinggi yang bisa membuat bahan adona tidak mudah sobek dan lapisan martabak telur haruslah sampai berbentuk selaput yang sangat tipis, jika menggunakan tepung berprotein rndah maka selaputnya akan mudah sobek

2.   Tepung untuk daging tiruan

jenis terigu seperti ini juga sangat bagus digunakan untuk membuat gluten (merek Bungasari), karena gluten yang dihasilkan lebih banyak dari yang menggunakan tepung terigu yang proteinnya rendah.

Gluten ini dibuat untuk orang -orang yang tidak suka memakan daging atau untuk seorang vegetarian. Nah sekian dulu untuk pembuatan makanan dari tepung terigu, semoga bermanfaaat.