Perlengkapan bayi seperti salah satunya adalah mainan, merupakan produk yang sangat dicari-cari oleh pasangan suami istri, terutama yang baru memiliki momongan. Untuk melatih koordinasi anggota tubuh anak, dibutuhkan mainan yang juga berfungsi sebagai alternatif cara anak untuk berinteraksi.

Salah satu proses belajar yang penting untuk anak-anak adalah bermain. Biasanya anak-anak menghabiskan waktu sehari-harinya dengan bermain. Terutama jika anak belum menginjakkan Sekolah Dasar. Bermain merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk anak, dan juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak.

Agar proses anak berjalan maksimal, pilihlah perlengkapan untuk bayi yang cocok dengan tahap perkembangannya. Pilih mainan yang dapat merangsang kemampuan anak sedari kecil. Berikut ini ada beberapa jenis mainan anak yang dilengkapi dengan manfaatnya.

Berikan anak mainan yang dapat mengasah imajinasi, kreativitas, serta kemampuan sosialisasinya. Biasanya mainan yang dapat mengasah kemampuan yang telah disebutkan diatas adalah mainan yang berhubungan dengan aktivitas manusia sehari-harinya. Contohnya adalah mainan peralatan masak, dokter-dokteran, maupun telepon.

Dengan adanya mainan tersebut, anak akan merasa seperti melakukan aktivitas tersebut secara sungguhan. Contohnya adalah memasak. Untuk mengasah kreativitas dan imajinasi anak anda, cobalah memberikan bahan masakan sungguhan seperti wortel dan sayur-sayuran. Hal ini bisa juga menjadi salah satu cara anak belajar untuk mengenal macam tumbuh-tumbuhan.

Proses tumbuh berkembang anak merupakan satu fase yang harus diperhatikan oleh orang tua. Di saat-saat itulah karakter anak akan terbentuk. Oleh sebab itu, pilihlah perlengkapan bayi yang memiliki manfaat yang besar untuk pertumbuhan anak.