16 Jan 2015 --- Students in a library --- Image by © Westend61/Corbis

Pendidikan di Amerika memang memiliki berbagai macam pilihan, bahkan untuk mahasiswa dengan berbekal beasiswa Amerika sekalipun. Banyak dari mereka yang kesulitan serta kewalahan saat memilih sebuah universitas yang tepat, hingga lokasi yang mereka pilih. Hal ini dikarenakan mereka kurang memahami pendidikan yang berada di sini. Karena hal tersebut, penting untuk Anda mengenal pendidikan yang berada di sini. Pemahaman yang tepat akan sangat membantu Anda mempersempit berbagai pilihan study hingga membangun rencana study.

Pertama, Anda harus mengetahui tentang struktur pendidikan sekolah entah sekunder atau primer. Jika ingin melanjutkan ke sebuah jenjang pendidikan yang tinggi, pelajar di Amerika akan memasuki sekolah sekunder dan primer dalam tempo 12 tahun. Tahun ini sering di sebut sebagai kelas. Dari kelas 1 hingga 12. Untuk umur sekitar 6 tahun, anak-anak yang berada di Amerika akan memulai sebuah sekolah, yakni sekolah primer. Biasanya disebut sekolah dasar. Sekolah dasar ini akan di lanjutkan ke sekolah sekunder. Sekolah sekunder ini seperti menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Kedua, seperti sistem penilaian. Seperti kebanyakan pelajar Amerika, Anda diharuskan untuk mengirimkan transkrip akademik. Hal ini di lakukan untuk pendaftaran sebagai syarat masuk ke universitas. Transkrip yang memenuhi persyaratan ini termasuk nilai serta IPK. Ini adalah ukuran pencapaian akademik yang Anda tempuh. Untuk mata pelajaran seringnya dinilai memakai persentase. Interpretasi di sini memiliki banyak sekali variasi, mungkin bisa di bandingkan seperti dua pelajar yang memiliki nilai sama, yang pertama akan masuk ke sekolah unggul yang satu akan masuk ke bangku kuliah yang biasa saja. Hal ini dikarenakan karena mereka mempunyai perbedaan standar. Oleh karena itu Anda harus selalu mencari segala penilaian yang sangat sepadan dengan pendidikan terakhir Anda.

Ketiga ialah tahun akademik. Biasanya kalender perkuliahan akan dimulai saat bulan Agustus ataupun September, serta akan di lanjutkan di Mei ataupun Juni. Tahun akademik ini terdiri 2 term yakni semester, namun ada beberapa perguruan yang memiliki 3 term. Saat pertama masuk mungkin Anda masih akan sedikit asing dengan pembelajarannya. Untuk mahasiswa internasional, akan lebih baik jika Anda memulainya di saat yang bersamaan. Banyak mata perkuliahan sengaja di rancang untuk diambil dengan cara yang berurutan.

Anda juga harus memahami jenis perguruan tinggi yang berada di Amerika, antara lain:

  • Perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi ini di jalankan atau di dukung oleh pemerintah lokal. Setiap kurang lebih 50 negara bagian Amerika memiliki paling sedikit sebuah universitas negeri serta beberapa college,
  • Perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi ini biasanya di jalankan dengan cara swasta. Anda harus jeli dalam pemilihannya, karena biasanya biaya yang mereka patok akan sedikit lebih tinggi,
  • Community college. Untuk ini biasanya mereka yang memburu gelar associate. Ada berbagai macam jenis gelar ini, perbedaan nya ialah mereka bisa untuk di transfer atau tidak bisa,

Memahami pendidikan yang berada di Amerika juga sangat penting. Hal ini dikarenakan Anda juga bisa menargetkan untuk memperoleh beasiswa Amerika. Pastikan saat ingin melanjutkan kuliah hingga di luar negeri, Anda telah memilih universitas mana yang akan Anda pilih, berapa jumlah biayanya, apa saja syaratnya, hingga berapa nilai yang bisa di terima di sana. Jangan sampai Anda menginginkan sebuah universitas, namun nilai Anda tidak memenuhi untuk hal tersebut.