Penyakit darah tinggi merupakan nama lain dari Hipertensi, orang awam banyak menyebut Hipertensi sebagi darah tinggi karena dinilai lebih mudah diucapkan. Hipertensi merupakan penyebab utama munculnya penyakit jantung dan stroke yang sangat berbahaya karena dapat mengancam keselamatan jiwa seseorang.

Penyakit hipertensi disebabkan oleh beberapa faktor seperti penyempitan pembuluh darah oleh kolesterol dan faktor genetik. Kedua faktor tersebut dapat saja terjadi secara bersamaan yakni seseorang yang memiliki riwayat keluarga pengindap hipertensi maka sangat rentan terkena penyakit ini, apalagi jika pola makan tidak dijaga makin parah saja dampak yang akan terjadi. Untuk itu ada beberapa pantangan darah tinggi yang harus ditaati dan akan dijelaskan secara lengkap.

Inilah Pantangan Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Sama seperti penyakit lainnya, darah tinggi atau hipertensi juga memiliki beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar karena dapat memicu munculnya gejala penyakit atau bahkan pada beberapa kejadian pantangan yang sengaja dilanggar secara terus menerus akan menyebabkan tingkat keparahan penyakit semakin meningkat. Berikut beberapa pantangan dari hipertensi:

1. Larangan Konsumsi Makanan Terlalu Asin

Sudah menjadi pantangan yang sudah banyak diketahui orang awam, memang berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan menyebutkan garam berlebih pada darah akan menyebabkan tekanan darah semakin meningkat, akibat yang sering dirasakan oleh penderita yakni seperti jantung berdebar dan kepala terasa sakit.

2. Makanan Berlemak Jenuh Tinggi

Seperti contoh jeroan, lemak sapi atau kambing, kulit ayam dan lainnya. Usahakan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tinggi seperti kacang kacangan dan minyak zaitun karena akan meningkatkan HDL sekaligus menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah, dengan demikian peluang terjadinya stroke dan serangan jantung semakin menurun.

3. Makanan Manis Dan Bergula Tinggi

Selain itu penderita hipertensi tidak dianjurkan mengkonsumsi gula secara berlebihan karena dapat memicu terjadinya obesitas. Jika sudah terjadi obesitas/ kegemukan maka peluang terserang berbagai penyakit akan semakin meningkat, selain itu bisa saja terkena diabetes yang memperparah kondisi. Hal ini dapat dicegah dengan menggunakan gula rendah kalori Tropicana sehingga dapat menekan dampak negatif yang dapat saja muncul.

Demikianlah beberapa pantangan darah tinggi yang perlu diketahui, jadi apabila ada orang terdekat anda seperti ayah, ibu, kakek ataupun nenek mengindap menyakit hipertensi maka sangat disarankan untuk berhati hati dengan mengikuti anjuran dokter dengan menjalani pola hidup sehat sehingga akan bebas dari penyakit berbahaya ini.

Tinggalkan balasan