Lowongan pekerjaan
Lowongan pekerjaan

Berbicara soal lowongan pekerjaan, tentu banyak di antara kita yang masih harus sibuk mencari pekerjaan baik itu melalui media cetak maupun media elektronik. Keberadaan media cetak memang cukup membantu, namun saat ini media tersebut dinilai kurang efektif, dan informasi yang diberikan pun kurang maksimal. Berbeda dengan media elektronik terutama internet. Melalui media ini, kita bisa mencari informasi lowongan kapan saja kita butuh, dan di mana saja kita berada.

Jika dibandingkan dengan media lain, internet bisa dikatakan paling unggul dan memiliki paling banyak peminat. Mengapa demikian? Pastinya hal ini bukan tanpa alasan. Internet banyak dimanfaatkan untuk mencari lowongan kerja karena alasan berikut:

  • Mudah dan cepat, tidak perlu repot mondar-mandir ke kantor-kantor atau agen perantara pencari kerja,
  • Lebih murah, sebab kita bisa melamar sekaligus melalui email saja,
  • Lebih praktis dan efektif, karena dalam sekali waktu kita bisa mendaftar beberapa perusahaan sekaligus,
  • Adanya update info yang jelas, untuk beberapa website memang dilengkapi dengan job alert atau peringatan ketika ada lowongan yang sesuai dengan target kita.

Dengan berbagai kemudahan dan kepraktisan tersebut, internet menjadi primadona bagi mereka yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan. Yang harus kita lakukan adalah tetap waspada terhadap adanya penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab internet memang memungkinkan adanya penipuan dengan bermacam cara, termasuk dengan membuka lowongan pekerjaan palsu dan nantinya akan meminta uang dari para korbannya.