Sulawesi Tenggara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukota Kendari. Kondisi alam di Sulawesi Tenggara berbukit-bukit dan bergaris pantai yang pajang, dengan pulau-pulau serta tanaman laut yang tersebar di wilayah ini. Daya tarik dan tempat wisata di Sulawesi Tenggara sangatlah banyak. Salah satu daya tarik itu adalah wisata alam, khususnya wisata bahari. Kepulauan Basilika adalah yang menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Kawasan Basilika (Pantai Batauga, Siompu, Liwu Tongkidi, dan Kadatua) adalah gugusan kepulauan yang memiliki gugusan terumbu karang dan keanekaragaman biodiversity laut yang indah. Gugusan pulau tersebut diantaranya Pulau Batu Atas dan Pulau Kawi-Kawia. Terumbu karang yang terhampar luas di kawasan Kepulauan Basilika relatif masih baik dan serupa dengan struktur terumbu karang yang ada di Wakatobi dan Taka Bonerate yang lokasinya tidak jauh dari kawasan tersebut. Selain itu, kawasan ini juga bisa mejadi pilihan lokasi bagi para divers untuk menyelam.

Pulau Liwu Tongkidi perupakan pulau kecil yang termasuk dalam kawasan pengembangan terpadu BASILIKA (Batauga, Siompu, Liwu Tongkidi, dan Kadatua). Pulau kecil ini memiliki luas 1.000 km2 dengan iklim tropis dan rata-rata curah hujan 2.000 mm per tahun, berlokasi di Kabupaten Buton. Kekayaan laut yang dimiliki pulau kecil berpasir putih ini yaitu berupa keanekaragaman terumbu karang yang masih alami, terjaga dari campur tangan manusa. Pulau Liwu Tongkidi dapat dijangkau sekitar 15 menit dari Pelabuhan Bau-Bau dengan menggunakan speed boat.