cara belajar membaca

Membaca terkadang merupakan sebuah pekerjaan yang paling malas untuk dilakukan, apalagi membaca buku – buku atau artikel tentang sebuah pelajaran. Padahal membaca merupakan pintu gerbang seseorang akan mengetahui banyak hal tentang ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, membaca merupakan jalan atau media sehingga seseorang menjadi pintar dan tahu banyak tentang berbagai hal yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain.

Bagaimana mengatasi kemalasan dalam membaca ? jawabannya adalah kita harus mengetahui tentang trik – trik atau cara belajar membaca yang efektif, sehingga kita akan menjadi sangat menyenangi membaca apapun. Tetapi perlu digaris bawahi, bahwa sesuatu yang kita baca tersebut haruslah sesuatu yang bisa memberikan manfaat bagi siapapun.

cara belajar membaca

Artinya, bahwa yang kita baca tersebut adalah sesuatu bacaan yang memberikan efek positif bukan memberikan ekses negative bagi si pembacanya. Bagaimana sebetulnya cara belajar membaca yang efektif tersebut ? berikut ini adalah penjelasan tentang cara belajar membaca yang efektif, yang bisa menimbulkan tingginya kegemaran membaca.

  1. Perhatikan Posisi Membaca. Jika Anda ingin waktu membaca Anda efektif dan memiliki tingkat pemahaman yang tinggi terhadap bacaan, jangan pernah membaca sambil berbaring. Ambillah sikap yang tepat agar semua isi bacaan bisa masuk sempurna dan bertahan lama dalam ingatan anda. duduklah di kursi dengan buku yang diletakkan di meja. Atur jarak mata Anda dengan buku. Idealnya adalah 25-30 cm.
  2. Ketahuilah Tujuan Dari Membaca. Dengan mengetahui tujuan membaca akan mempermudah otak anda fokus pada hasil yang ingin anda dapatkan. Misalnya, ketika kita mencanangkan tujuan membaca buku sejarah agar hafal nama tokohnya,otak kita akan menangkapnya sebagai perintah untuk berhenti dan memperhatikan tiap nama seorang tokoh muncul.
  3. Fokus Dalam Membaca. Rahasia konsentrasi terletak pada kemampuan untuk membangkitkan minat terhadap apa yang Anda baca, pelajari, atau kerjakan. Kalau anda tertarik pada bacaan, pelajaran, apa sesuatu yang anda kerjakan, anda akan dapat mengonsentrasikan perhatian anda pada apa yang anda baca, pelajari, atau kerjakan.
  4. Membuat Pikiran Kita Familiar Dengan Isi Bacaan. Kemampuan seseorang untuk merasa familiar dengan isi buku yang dibacanya adalah skemata yaitu ketika dihubungkan dengan teori membaca, menggambarkan proses dimana pembaca mengkombinasikan pengetahuan awalnya dengan informasi baru dalam teks bacaan yang dipahami atau Skemata merupakan bagian dari pengetahuan awal yang menyediakan interpretasi bermakna tentang konten yang baru.

Demikian beberapa hal yang terkait dengan cara belajar membaca yang efektif. Lakukan langkah – langkah tersebut agar anda memiliki kegemaran membaca yang tinggi.

Tinggalkan balasan