Mual, sering muntah, perut kembung, kepala pusing mungkin sering kita alami dan kita sering meremehkan kondisi seperti itu. Tapi anda harus waspada jika kondisi seperti itu disertai dengan feses berubah menjadi cair, mungkin saja itu gejala penyakit diare. Sebenarnya ada cara untuk menghindari penyakit tersebut, tapi sebelum membahas mengenai cara mencegah diare ada baiknya anda mengetahui dulu apa itu diare.

Diare adalah sebuah penyakit dimana tinja atau feses berubah menjadi cair atau lembek tidak seperti biasanya dan berlangsung tiga kali selama 24 jam. Di Negara berkembang, penyakit ini merupakan pembunuh umum bagi balita. Diare biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau juga bisa disebabkan oleh racun bakteri. Dan biasanya gejala penyakit diare ditunjukan seperti disebutkan di atas yaitu mual, muntah, pusing, demam, dan jika orang tersebut kurang gizi itu bisa menyebabkan dehidrasi parah yang bisa menyebabkan kematian.

Maka dari itu sebelum anda mengalami penyakit seperti ini, sebaiknya melakukan pencegahan terlebih dahulu, yaitu caranya dengan;

  1. Memakai alas kaki ketika akan keluar rumah, karena kondisi tempat yang becek dan terdapat genangan air biasanya terdapat kuman. dengan alas kaki bisa menghindarkan kuman yang bisa masuk melalui kulit kaki.
  1. Sering mencuci tangan setelah dan sesudah makan atau mengolah makanan, setelah bepergian dan juga setelah dari toilet.
  1. Selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar rumah Seperti membuang sampah pada tempatnya dan juga membersihkan selokan agar tidak menyumbat aliran air dll.
  1. Untuk mencegah kontaminasi silang dari makanan, sebaiknya jangan mengolah bahan makanan yang matang dengan yang mentah dalam satu penggorengan yang sama. Masak semua makanan mentah sampai matang seperti daging, telur, ayam, ikan dll dan selalu mencuci sayuran dan buah-buahan sampai bersih.
  1. Jika ada makanan yang tidak habis, sebaiknya simpan di tempat yang layak seperti di kulkas. Dan jika ingin kembali dimakan panaskan lagi terlebih dahulu.
  1. Banyak mengkonsumsi air minum dan pastikan air tersebut sudah dimasak sampai matang untuk membunuh kuman bakteri yang terdapat di dalam air tersebut.
  1. Selalu biasanya pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi, vitamin, mineral, protein dan air yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Juga harus biasakan berolahraga agar kondisi tubuh tetap vit.