Cara Belajar Membaca
Cara Belajar Membaca

Buku adalah jendela dunia, namun untuk menemukan jendela pada buku tentunya kita haruslah mampu membacanya. Oleh sebab itu hal penting yang harus diajarkan kepada anak sejak dini adalah membaca. Sebab dengan kemampuan membaca, maka itu akan menjadi bekal bagi anak kita untuk mengahadapi dunia, dengan membaca, anak dapat mengenali dan mampu belajar mengenai segala hal yang ada di dunia ini. Jangan sampai di kemudian hari anak anda mengalami keterlambatan membaca bahkan lebih parahnya menderita buta huruf. Oleh sebab itu, anda harus mengenalkan cara belajar membaca kepada anak sejak dini.

Ada beberapa metode atau cara belajar membaca yang bisa diterapkan atau diajarkan kepada anak – anak anda. Bisa melaui cara permainan, misalnya mengenalkan dahulu huruf – huruf alphabet kepada anak anda. Sebab kini sudah banyak permainan yang mengandung unsur alphabet yang sangat lucu dan diminati anak – anak. Permainan – permainan itu ada yang berbentuk edu games. Salah satu edu games itu adalah puzel huruf, misalnya anak disuruh untuk memasangkan huruf – huruf pada puzzle. Selain itu dengan memperdengarkan anak – anak lagu alphabet juga dapat membantu anak untuk mengingat urutan alphabet, barus setelah anak paham dan fasih dalam mengingat huruf alphabet maka anak akan mudah untuk diajarkan membaca.

Sehingga  apabila diurutkan maka cara belajar membaca anak anak itu dimulai dari mengingat urutan huruf – huruf, kemudian setelah itu dikenalkan dengan berbagai bentuk alphabet, pada fase ini memang tidak akan mudah, sehingga dibutuhkan proses yang agak lama supaya anak dapat mengingat dengan benar huruf – huruf alphabet itu. Setelah itu, barulah belajar merangkai huruf menjadi kata, disini misalnya anak dilatih membaca dua huruf yang disatukan, sehingga akhirnya menjadi kata yang memililki arti, pada fase ini, minimal anak dapat mengeja namanya sendiri. Baru ketika di sekolah nanti anak akan diajarkan untuk membaca kata demi kata sehingga menjadi kalimat. Intinya ketika mengajarkan anak membaca, orang tua harus senantiasa menciptakan suasana yangmenyenangkan dan tidak memaksa anak untuk belajar dengan keras.

Tinggalkan balasan