kecerdasan emosional
kecerdasan emosional

Anda pasti sudah tahu betapa pentingnya memiliki kecerdasan emosional untuk modal bertahan hidup anak Anda di dunia. Dengan kecerdasan emosional yang dimiliki, anak dapat mengenali diri mereka sendiri, kemudian menemukan potensi terbaiknya dan juga hubungan anak Anda dengan sekitarnya. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosional pada anak?Berikut beberapa langkah atau cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada anak:

1. Ajarkan anak mengenali emosi

Setiap anak Anda merasakan sesuatu seolah ada yang hendak membuncah di dalam dirinya, berilah nama terhadap emosi yang dirasakannya. Kemudian ajarkan untuk menyebutkan nama emosi tersebut agar melatih mereka sehingga terbiasa berkomunikasi dengan baik.

Bukan memaksa orang lain untuk memahami diri mereka, serta agak membantu mengurangi tantrum pada anak. Kecerdasan emosional erat kaitannya dengan mengenali diri sendiri.

2. Ekspresikan emosi dengan baik

Ajarkan anak untuk mengekspresikan perasaannya dengan sewajarnya. Jadikanlah diri Anda sebagai contoh di setiap harinya. Kecerdasan emosional pada anak juga tergantung kepada kemampuan orangtua mengatur emosi di dalam dirinya.

3. Kelola emosi

Ajarkan anak untuk mengelola emosi. Ketika emosi anak datang alih-alih mereka mengamuk atau tantrum, ajarkan anak untuk melampiaskan kemarahannya ke hal-hal yang positif. Missal dengan melakukan olahraga, menyelesaikan pekerjaan rumah, membersihkan kebun, dan lain sebagainya. Sehingga kelebihan tenaga ketika sedang dalam emosi dapat berkurang, kemudia Anda dapat mengajaknya membahas saat mereka telah cukup istirahat dan makan.

4. Belajar berempati

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional adalah dengan melatih empati anak Anda pada semua makhluk yang berada di sekitar mereka. Ajarkan kepada mereka dengan mengajak mereka berkeliling ke sekitar lingkungan rumah Anda.

Temukan orang-orang yang membutuhkan pertolongan dan ajak anak Anda untuk membantu meringankan kesusahan mereka. Biasakan mereka untuk mengasihi kepada setiap makhluk, termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Dancow mendukung segala daya upaya demi menghasilkan generasi terbaik untuk di masa yang akan datang.

Tinggalkan balasan