Kesehatan ibu hamil
Kesehatan ibu hamil

Seorang ibu pastilah akan bahagia jika dia sedang mengandung atau hamil. Apalagi jika kehamilan ini merupakan kehamilan yang pertama, pastinya ia akan selalu menjaga kesehatannya dan kesehatan buah hati yang dikandungnya. Kesehatan ibu hamil pastilah akan berpengaruh pada kesehatan buah hati yang dikandungnya. Jika ibunya sehat maka bayi yang ada di dalam kandungannya pun akan berkembang dengan sempurna sesuai dengan tahapan perkembangannya. Begitu pun pula sebaliknya jika kesehatan ibunya terganggu amaka akan mempengaruhi pertumbuhan janinnya.

Kesehatan ibu hamil harus terus dijaga dan diperhatikan bukan hanya oleh ibu hamil itu sendiri namun oleh lingkungan sekitarnya juga terutama oleh keluarga terdekatnya. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut ini :

  1. Pastikan nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi, seorang ibu yang sedang mengandung butuh nutrisi yang lebih banyak daripada orang normal lainnya. Hal tersebut dikarenakan nutrisi tersebut bukan hanya untuk kebutuhan tubuh ibunya saja tapi melainkan untuk perkembangan janin yang ada di dalamnya. Untuk ibu hamil pastikan makanan yang dikonsumsi harus lebih banyak atau dua kali lipat dari pada orang normal. Selain dari itu ibu hamil dpat mengkonsumsi makanan tambahan yang dapat memenuhi nutrisi tubuhnya seperti susu hamil atau wilan sehat ibu hamil yang diproduksi oleh Nestle.
  2. Pastikan ibu hamil beristirahat dengan baik, seorang ibu yang sedang hamil mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya sehingga terkadang mengalami hal – hal yang teramat berat seperti mual, muntah, dan pusing pada awal kehamilannya dan jika kehamilannya telah memasuki triwulan terakhir maka ia harus membawa bayinya yang berat kemana – nama sehingga bobot tubuhnya bertambah. Semua hal tersebut akan menguras energi seorang ibu yang sedang hamil, sehingga pastikanlah seorang ibu hamil beristirahat dengan baik. Agar tetap sehat dan tidak mudah lelah.

Itulalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil, jika ibunya sehat maka bayi yang dikandung di dalam perutnya pun akan berkembang dengan baik. Bagi keluarga dekatnya haruslah mengerti dan mensuport ibu hamil agar ibu hamil tersebut dapat menjalani proses kehamilannya dengan baik dan tetap sehat.

Tinggalkan balasan