kelaparan Somalia

Negara yang berada di Afrika ini mempunyai kehidupan dengan rentang lintang bumi yang hampir sama dengan negara Indonesia yaitu di lalui oleh garis khatulistiwa. Mempunyai batas pantai yaitu Samudera Hindia dan begitu juga sama dengan negara Indonesia. Jika Samudera tidak memisahkannya, mungkin saja negara Somalia tersebut merupakan tetangga barat yang paling dekat dengan negara Indonesia. Banyak juga kesamaan antara Somalia dan Indonesia seperti hutan yang sangat luas, adanya jenis hewan yang sangat banyak, bentangan alam eksotis yang tentunya sama dengan Indonesia termasuk pertumbuhan ekonominya juga.

Namun pada kenyataannya, negara Somalia ini masih berada di dalam konflik yang terus menerus sejak tahun 70 an. Penyakit mematikan yang diakibatkan oleh kelaparan Somalia, kekeringan yang sangat ekstrim sampai pertumbuhan ekonomi yang tidak berkembang bergumul menjadi kekalutan dan juga kemiskinan. Kemiskinan yang terjadi di negara Somalia ini telah menembus angka 82% dari jumlah penduduk Somalia. Jika kita melihat dari berita televisi tentu saja suasana di negara ini sangat mencengkamkan dan penuh dengan kemirisan.

Standar hidup masyarakat Somalia sangat rendah, fasilitas kesehatan pun sangat memprihatinkan dan juga kondisi pendidikan tidak terlalu terperhatikan. Krisis pangan pada tahun 2011 yang lalu tentu saja sudah memakan banyak korban karena hampir seperempat juta penduduk di Somalia meninggal dunia. Gizi buruk pun disini kian merebah, tubuh anak-anak hanya terlihat tulang yang hanya diselimuti oleh kulit. Peristiwa seperti ini tentunya merupakan kisah yang sangat pilu sekali di daratan Afrika.

Negara Somalia tentu saja nampak sangat jauh dan juga tidak bisa kita jangkau. Namun sekarang ini terdapat ACT yang sudah berpengalaman untuk dapat menyalurkan sebuah bantuan kemanusian masyarakat Indonesia untuk saudara-saudara kita yang berada di Somalia. ACT sendiri mempunyai misi #FoodForSomalia pada tahun 2011 dan menjadi pembuka untuk dapat menyalurkan bantuan kemanusiaan di negara Somalia yang berada di daerah Afrika.

ACT sendiri akan terus membuka jalan dan sebagai jembatan untuk bangsa Indonesia yang ingin menyalurkan bantuan untuk kelaparan Somalia dan kita masih bisa terus menyalurkannya dengan cara bekerja sama dengan ACT. Kita bisa memberikan bantuan tersebut melalu bank BNI atau pun BNI Syariah 66 00000 120, Bank Syariah Mandiri 777778 9777, Bank Mandiri 128 000 4793 136 semuanya atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap.