resep bakpao (2)
resep bakpao (2)

Resep bakpao tidaklah sulit untuk dipraktekkan. Sehingga, jika anda mengaku penggemar kue empuk berbentuk bulat ini, maka tidak usah ragu untuk membuatnya sendiri di rumah anda. Bakpao merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Tionghoa. Secara harfiah, bakpao memiliki arti yaitu baozi yang diisi oleh daging. Selain daging, baozi juga dapat diisi dengan bahan lainnya seperti sayuran, selai kacang kedelai, kacang hijau, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat resep bakpao sebenarnya cukup mudah. Pertama-tama anda harus menyiapkan bahan yang diperlukan. Dalam artikel kali ini adalah resep untuk bakpao daging ayam, sehingga anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut. 300 gram tepung terigu protein rendah, 1 sdt garam, 60 gram tepung maizena, 175 ml air es, 30 gram mentega putih, 100 gram gula tepung, 1/2 sendok teh baking powder, dan 8 gram ragi instan. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan utama untuk membuat bakpao.

Sedangkan untuk isiannya, anda membutuhkan 200 gram ayam yang sudah digiling, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt gula pasir, 4 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 batang irisan daun bawang, dan 1/4 sdt merica bubuk.
Jika bahan-bahan tersebut sudah anda siapkan, maka mulailah memasak dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, ragi instan, gula tepung dan baking powder lalu aduk hingga rata. Setelah itu masukkan air es dan uleni adonan hingga kalis. Tambahkan mentega putih dan garam ke dalamnya lalu uleni kembali kemudian tunggu hingga 30 menit.

Setelah 30 menit, anda bisa melanjutkannya dengan menimbang adonan masing-masing seberat 30 gram. Bulatkan adonan tersebut lalu diamkan sampai 10 menit. Pipihkan adonan kemudian isilah dengan adonan isi yang sudah dicampur hingga halus. Kemudian bulatkan kembali adonan dan letakkan di atas kertas. Tunggu hingga adonan mengembang kurang lebih 30 menit, setelah itu masukkan adonan ke dalam kukusan dengan api yang sedang selama kurang lebih 30 menit.

Jika bakpao sudah matang, angkatlah kemudian bakpao siap untuk dinikmati.