Cara yang Bisa Anda Lakukan dalam Mencari Tiket Kereta Api Murah

0
346
Kereta Api Online

Transportasi darat memang dari dahulu menjadi primadona transportasi umum yang lebih disukai masyarakat. Pasalnya harga tiket untuk transportasi darat lebih murah dibandingkan dengan tiket transportasi udara. Bus, travel dan kereta api menjadi serbuan para pelancong yang ingin bepergian atau mereka yang bekerja di luar kota dan ingin pulang ke kampung halaman. Namun karena semakin tingginya peminat jalur darat yang tidak disertai dengan kedisiplinan sopir angkutannya, banyak pula angka kecelakaan yang terjadi. Karenanya, kereta api menjadi alat transportasi darat yang paling favorit karena memiliki angka kecelakaan paling rendah dibandingkan alat transportasi darat yang lain. Harga tiket kereta apapun beragam yang dapat dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Bahkan jika jeli, Anda juga bisa mencari tiket kereta api murah untuk digunakan bepergian bersama seluruh anggota keluarga.

Kereta Api Online
Image : Kereta Api – Bebas Baca

Tiket kereta api memiliki harga yang beragam karena dibedakan menjadi beberapa kelas seperti pada pesawat udara. Ada 3 kelas yang umumnya disediakan oleh PT KAI dalam melayani masyarakat untuk keperluan transportasi yaitu:

• Kelas ekonomi.
• Kelas bisnis.
• Kelas eksekutif.

Kelas ekonomi memiliki tarif yang paling rendah, namun kini sudah dilengkapi dengan AC sehingga penumpang pun dapat merasa nyaman dan lega di dalamnya.

Pemilihan jalur kereta banyak dipilih masyarakat terutama bagi mereka yang akan melakukan perjalanan jauh dan tujuannya dilewati oleh jalur kereta api. Selain lebih nyaman karena jarang yang mengalami mabuk darat dengan menggunakan kereta, jalur kereta juga dirasa lebih cepat dibandingkan jalur darat yang seringkali terlibat kemacetan panjang sehingga justru memperlama durasi perjalanan Anda dan keluarga. Selain itu seperti yang telah disebutkan tadi bahwa jalur kereta memiliki angka kecelakaan yang paling sedikit dibandingkan alat transportasi lainnya di jalur darat.

Jika Anda ingin bepergian menggunakan kereta api dalam waktu dekat ini, berikut adalah cara untuk mendapatkan tiket kereta api murah yang dapat Anda praktekkan untuk menghemat pengeluaran:

  1. Memilih kelas ekonomi yaitu kelas yang paling ringan biayanya apalagi jika perjalanannya tidak terlalu lama misalnya 3 jam.
  2. Mencari informasi seputar promo tiket kereta di berbagai agen perjalanan.
  3. Membandingkan harga tiket kereta tertentu dengan jadwal tertentu melalui situs agen transportasi di internet.
  4. Membeli jauh-jauh hari di tanggal ketika ada promo tiket kereta.
  5. Membeli sekaligus tiket pulang pergi dalam satu waktu yang sama, apalagi ketika musim mudik lebaran.

Pemerintah juga menjadikan kereta api sebagai alat transportasi publik yang utama sehingga pelayanannya dan fasilitas di dalam kereta terus ditingkatkan. Dalam hal mudik lebaran khususnya, para calon penumpang sudah bisa membeli tiket sejak satu bulan sebelum hari keberangkatan agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan terjadwal. Saat ini juga sedang digadang-gadang pembuatan kereta bawah tanah untuk dijadikan alat transportasi utama baik jarak panjang maupun pendek seperti di negeri tetangga Jepang.

Baca Juga : Trik Jitu Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah

Itulah cara mendapatkan tiket kereta api murah yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran bepergian apalagi jika bersama seluruh anggota keluarga. Dengan menggunakan kereta api yang lebih cepat dari bus, diharapkan Anda dan keluarga dapat bepergian dengan lebih nyaman dan aman. Selain dari pada itu penumpang PT KAI juga otomatis telah mendapatkan asuransi dari PT Jasa Raharja sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, penanganannya akan lebih dipersiapkan.

Tinggalkan balasan