Ketika anda membeli sebuah mesin fotokopi dari jual mesin fotocopy, sebaiknya anda ketahui dulu ciri-ciri apa saja yang menunjukan bahwa mesin tersebut memiliki kualitas yang bagus. Tentunya setiap orang ketika membeli barang ingin mendapatkan barang yang bagus dan berkualitas, begitu hal dengan mesin fotokopi. Ada beberapa ciri yang smenunjukan kualitas sebuah mesin fotokopi, yaitu caranya;

Pertama, yang paling berpengaruh pada hasil fotokopi adalah Drum. Jadi lihatlah blank copynya apakah masih bagus? Cara untuk menentukannya yaitu dengan melihat apakah untuk black copy masih hitam mulus dan tidak ada bintik-bintik putih, dan untuk white copy apakah masih putih mulus tidak ada bintik hitam.

 

Kedua, pastikan bahwa fitur-fitur yang lainnya masih berfungsi dengan baik. Misalkan anda membeli dari distributor mesin fotokopi sebuah mesin digital, maka tentukan apakah fitur seperti scanner, fax, email dan printer masih berfungsi dengan baik. Melakukan pengecekan seperti itu akan sangat bermanfaat bagi anda yang memprioritaskan pengetikan.

 

Ketiga, anda bisa melihat counter mesinnya apakah sudah menunjukan hasil  750.000 – 1.500.000, kalau angkanya sudah diatas, maka sudah pasti mesin tersebut sering digunakan, dan jika sering digunakan tentu itu akan berefek pada kualitas mesin. Seperti halnya kendaraan, jika sering digunakan maka kilometernya akan menunjukan angka yang tinggi, dan angka tersebut berpengaruh pada performa mesinnya.

 

Keempat, pastikan magnet developing masih menunjukan warna hitam pekat. Selain Drum yang berpengaruh pada hasil fotokopi, magnet developing ini juga sangat berpengaruh. Magnet developing bisa dikatakan sudah tidak bagus jika warna yang dihasilkan  putih chrome.

 

Selain keempat onderdil tersebut yang harus dipastikan, anda juga jangan lupa memastikan apakan ADF masih berjalan dengan baik, fungsi Duplek masih sempurna dan Cassete juga fungsinya masih baik. Jika sudah melakukan pengecekan dan mesinnya menunjukan kondisi yang baik maka itulah mesin fotokopi yang anda inginkan.