Memiliki anak yang tumbuh dengan sehat dan cerdas tentu menjadi harapan bagi setiap orang tua. Untuk itu, memberikan makanan yang bergizi disertai pendidikan terbaik tentu menjadi prioritas. Perlu diketahui bahwasannya pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini terbagi dalam beberapa periode perkembangan dimana anak-anak akan memperlihatkan ciri atau karakteristik khusus setiap fase. Salah satu tahap yang terpenting adalah dalam masa emas atau golden age yaitu antara umur 0 hingga 6 tahun.

Fase-fase Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Periode 0 hingga 6 tahun merupakan masa pra sekolah dimana hampir semua proses belajar dan bimbingan serta perawatannya berlangsung di keluarga dan guru utamanya adalah Ibu, sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai periode sekolah Ibu. Berikut ini fase-fase tumbuh kembang anak usia dini:

  • Anak umur 0-2 tahun

Umumnya pada umur 0 hingga 2 tahun, bayi akan mengalami perubahan yang pesat. Pada usia ini, bayi telah memiliki beberapa kemampuan locomotors yaitu berguling, berdiri, duduk, berjalan dan merangkak. Selain itu bayi juga mampu memegang benda, menggunakan panca indera berupa melihat, mendengar, mencium serta merasakan sentuhan. Tak hanya itu, bayi juga telah mampu bereaksi secara emosional serta sosial pada orang-orang sekeliling.

  • Anak umur 2-3 tahun

Pada fase umur 2 hingga 3 tahun, anak-anak telah mampu berjalan dan juga berlari. Selain itu anak juga mulai suka meloncat, memanjat, dan masih banyak lagi. Pada fase ini anak sangat menyukai untuk eksplorasi benda di sekitarnya lantaran kekuatan observasi nya yang sangat tajam. Fase ini juga membuat anak mulai memahami bahasa baru, kosa kata baru, belajar jumlah, serta menyukai segala bentuk cerita sederhana yang terwujud dalam gemarnya Ia akan bermain dan berkomunikasi.

  • Anak umur 3-4 tahun

Pada fase ini anak akan mengalami peningkatan perilaku motorik, sosial serta mulai mampu berfikir fantasi. Dalam kemampuan motorik nya, anak telah mampu menguasai gerakan tangan. Selain itu anak juga telah mulai mampu menerima cerita dengan durasi lebih panjang. Sifat kemandirian nya juga telah mulai terlihat pada fase ini.

  • Anak umur 4-6 tahun

Sifat petualang menjadi yang paling menonjol pada fase ini dimana anak sudah mulai sering membicarakan dan bertanya tentang apa yang Ia lihat. Itulah mengapa pada fase ini anak suka terhadap petualangan dan bepergian sendiri demi mengobati rasa penasaran nya akan sesuatu.

Itulah fase yang dilalui saat pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Masa 0 hingga 6 tahun menjadi masa terpenting bagi kehidupan anak ke depannya sehingga memerlukan perhatian serta nutrisi lebih. Anda bisa memenuhi asupan nutrisinya dengan menyediakan susu formula dari Wyeth Nutrition yang tersedia sesuai tahapan umur anak. Dengan nutrisi yang lengkap dari produk susu Wyeth Nutrition, maka anak akan tumbuh dengan aktif dan cerdas.

Tinggalkan balasan