Berbicara tentang wallpaper murah maka tidak lepas dari desain dan fungsi yang diberikan pada sebuah ruangan. Berdasarkan Wallpaper Surabaya, ada dua fungsi utama wallpaper yaitu dekorasi dan menyamarkan dinding. Selain itu, wallpaper juga bagian dari status sosial seseorang. Fungsi ini berkembang di era Renaissance ketika seni lukisan mencapai puncak kejayaan. Secara sederhana, wallpaper merupakan material khusus yang digunakan untuk menutup sebagian atau seluruh dinding pada ruangan. Wallpaper berbeda dengan sistem direct painting yaitu dinding dilukis secara langsung menggunakan bahan khusus. Wallpaper juga bukan pengecatan ulang dengan satu warna. Bahan wallpaper dapat berupa kertas khusus, karpet, atau plastik yang dilekatkan secara merata pada dinding.

Kembali ke fungsi dari wallpaper, orang menempatkannya sebagai bagian dari dekorasi. Dari sisi ini muncul derivatif dari kegunaan tersebut, tetapi tetap berkaitan dengan dekorasi. Wallpaper Surabaya menyebutkan wallpaper untuk dekorasi ada yang permanen dan tidak permanen. Untuk ruangan tidur atau kamar pribadi, tipe permanen mungkin bukan sesuatu masalah karena hanya orang tertentu yang menikmati. Jika akan diganti, cukup dengan melapisi dengan wallpaper baru.

Wallpaper sering digunakan oleh kafe ketika ada acara dengan tema tertentu. Penggunaan wallpaper menghemat dekorasi karena dapat diganti dengan cepat setelah acar selesai. Perusahaan yang bergerak di bidang seni atau iklan memanfaatkan wallpaper pada ruang tunggu sebagai cara menyampaikan suatu visi. Wallpaper terkesan lebih menyatu dengan customer dibanding penggunaan banner biasa.  Untuk rumah, wallpaper umum ditemukan pada ruang tamu untuk menambah estetika serta menunjukkan karakteristik tuan rumah kepada sang tamu. Di ruangan besar untuk acara khusus seperti ulang tahun atau pernikahan, wallpaper memainkan peran penting lebih dari sekadar dekorasi.

Fungsi lain wallpaper berdasarkan Wallpaper Surabaya  adalah menyamarkan bagian dinding yang rusak. Yang dimaksud dengan rusak adalah retakan kecil atau kesalahan konstruksi yang tidak membahayakan penghuni rumah. Penggunaan wallpaper cukup ditempatkan pada bagian dinding tersebut untuk menghindar dari pusat perhatian. Pemilik rumah pada awalnya tidak menemukan kerusakan tersebut karena sangat kecil bahkan muncul secara tiba-tiba. Jika melakukan perbaikan secara menyeluruh akan memakan waktu apalagi jika rumah akan digunakan untuk acara tertentu. Cara terbaik adalah menempatkan wallpaper sehingga mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Dinding tersamarkan serta meningkatkan sisi estetika.

Wallpaper bukan kebutuhan utama dalam konstruksi sebuah bangunan. Oleh karena itu, wallpaper dipandang sebagai kebutuhan tersier yang muncul setelah kebutuhan utama terpenuhi. Wallpaper berfungsi untuk menunjukkan status sosial pemilik rumah. Yang dimaksud dengan status bukan terkait langsung dengan uang. Setiap daerah memiliki kekhasan seni tersendiri dan orang yang berasal dari daerah tersebut menerapkannya pada wallpaper ruangan. Anda bisa menebak karakteristik, asal, serta cara pandang pemilik rumah dari wallpaper yang digunakan. Hal inilah yang didapatkan oleh Wallpaper Surabaya dari berbagai macam customer.