Menjaga Gula Darah Agar Tetap Normal

Menjaga Gula Darah Agar Tetap Normal

Gula darah normal dalam dunia medis dikenal sebagai dula atau zat glukosa yang berada didalam darah. Keberadaan gula ini tentu sangat penting didalam tubuh, namun lain ceritanya jika kadar gula darah terlalu tinggi atau rendah. Keadaan ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan didalam tubuh. Apa akibatnya jika gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Kadar gula darah normal dikatakan tinggi jika mencapai angka 200 mg/dL. Pada kondisi ini, jumlah insulin yang diproduksi tidaklah cukup. Padahal insulin berrperan dalam penyebaran gula darah ke seluruh sel tubuh agar dapat menjadi energi. Biasanya penderita diabetes sering mengalami hal ini karena mereka kurang menjalankan hidup sehat. Saat penderita memiliki kadar gula darah tinggi ia akan merasakan gejala seperti sering buang air kecil, meningkatnya nafsu makan, haus, tubuh lelah, berat abdan berkurang, buramnya penglihatan, dan sebagainya.

Kadar gula juga dapat menjadi rendah jika berada di bawah 70ml/dL. Hal ini juga terjadi akibat indulin yang tidak bekerja dengan baik. Karena itulah, penderita diabetes harus mengkonsumsi obat-obatan atau insulin agar gula darahnya dapat turun. Namun,s eringkali penderita mengkonsumsi insulin terlalu banyak hingga akhirnya membuat kadar gula darah turun drastis. Jika kadar gula darah terlalu rendah, maka penderita akan mengalami gejala seperti gelisah, sulit berkonsentrasi, kelelahan, kulit pucat, tubuh lemas, dan sebagainya.

Betapa pentingnya menjaga kadar gula darah agar tetap normal baca disini klik. Untuk itu, mari kita lakukan kebiasaan baik untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil. Diantaranya :

  1. Cobalah luangkan waktu untuk berolahraga dalam 5 hari  setidaknya 30 menit. Tidak perlu olahraga yang berat. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, berjalan, maupun berenang.
  2. Ganti gula anda yang berkalori tinggi dengan gula yang rendah kalori. Gula rendah kalori saat ini mudah sekali didapat seperti gula keluaran Tropicana Slim.
  3. Beralihlah ke pola makan yang sehat. Perbanyak asupan sayur dan buah.
  4. Batasi konsumsi karbohidrat dan gula yang berlebihan.
  5. Yang paling penting, rutinlah ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan medis.

 

Tinggalkan balasan