cara mendidik anak yang baik
cara mendidik anak yang baik

Memiliki seorang anak yang baik tentu ini menjadi sebuah cita – cita sejak anak tersebut di lahirkan. Memiliki harapan yang besar kepada anak yang kita miliki sehingga bisa menjadi kebahagian dan kebanggaan tersendiri oleh setiap orang tua yang ada di dunia ini. Namun tentu untuk mencapai harapan tersebut orang tua harus mengetahui cara mendidik anak yang baik itu seperti apa dengan melakukan berbagai hal agar bisa mendidik menjadi harapan kita sendiri.

Untuk mendapatkan cara – cara mendidik tentu anda harus mencari sendiri baik dengan mendengarkan berbagai ceramah atau masukan dari orang lain atau bisa juga anda mencari di media internet yang sekarang ini menjadi perpustakaan online yang banyak digunakan untuk mencari informasi ataupun data yang anda ingin cari itu sendiri.

Memang banyak cara mendidik anak yang baik bisa anda dapatkan namun sebelum melakukan pendidikan kepada anak yang kita miliki maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai orang tua. Hal – hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Perbaikan ibadah pada setiap orang tua. Memperbaiki ibadah sendiri sebelum menyuruh orang menjadi hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua ketika akan mengajak anaknya untuk melakukan ibadah – ibadah yang anda ingin terapkan kepada anak – anak anda.
  2. Perbaiki sikap dan prilaku yang anda miliki khususnya sikap dan prilaku yang tidak baik. Dengan memperbaiki sikap dan prilaku setiap orang tua sebelum mendidik kepada anak yang kita miliki. Sebab dengan seperti itu maka anda akan lebih leluasa untuk mendidik sesuai dengan keinginan orang tuanya.
  3. Berikan contoh – contoh yang baik sesuai dengan apa yang anda harapkan kepada anak anda sekalian. Dengan memberikan contoh yang langsung oleh orang tuanya terhadap anak – ankanya menjadi langkah yang tepat dan itula yang selalu dilakukan oleh rasulullah SAW terhadap anak – anaknya.
  4. Mendo’akan di setiap shalat dan aktivitasnya untuk kebaikan anak anda. sebab do’a memiliki kekuatan yang luar biasa.

 

Tinggalkan balasan