belajar-membaca

Belajar membaca sejak usia dini saat ini sudah banyak diterapkan oleh berbagai lembaga seperti taman kanak-kanak (TK). Bahkan sebelum anak memasuki usia TK banyak orang tua yang sudah mulai mengajarkan kepada anak-anaknya dalam belajar membaca. Hal ini karena sudah diketahui bahwa usia emas atau golden age pada anak berada pada usia dua tahun pertamanya. Usia yang merupakan perkembangan paling utama dari otak anak sehingga dengan dirangsang dengan hal yang positif seperti membaca akan sangat baik untuk anak.

Akan tetapi harus pula diketahui oleh para orang tua dalam proses belajar membaca bagi anaknya yang masih dini yaitu dalam belajar yang dilakukan jangan sampai merenggut masa anak untuk bermain bersama teman-temannya, karena usia anak memang usia yang sedang senangnya dalam bermain. Untuk hal tersebut berikut ini

  1. Tidak boleh memaksakan. Usia anak yang masih lugu dan senang akan hal baru harus menjadi perhatian orang tua saat akan mengajarkannya untuk membaca. Jangan sampai kegiatan dalam belajar membaca terkesan dipaksakan kepada anak, hal ini akan membuat akan menjadi cepat bosan dan juga menolak saat disuruh untuk membaca. Untuk itu jangan sampai belajar membaca kepada anak dipaksakan saat ia tidak mau melakukannya. Gunakan cara lain yang tetap membuat anak senang belajar membaca.
  2. Lakukan secara alami. Dalam hal ini buat suasana dalam belajar membaca yang dilakukan seolah-olah bukan sedang belajar membaca. Misalnya dengan mengobrol dengan anak memberikan gambar-gambar atau mengenalkan hewan dengan tulisan. Bahkan andapun dapat mengajarinya belajar sambil menonton program TV yang disukainya. Dengan seperti anak menjadi tidak terbebani dalam belajar membaca karena kemasannya yang berbeda.
  3. Lakukan dengan gembira. Kekreatifan anda sebagai orang tua dalam mengajarkan belajar membaca anak sangat diperlukan disini. Anda bisa membuat permainan yang membuat anak seolah merasa tidak sedang belajar membaca. Misalnya dengan membuat tempelan-tempelan huruf pada kulkas atau dinding kamarnya. Hal ini tentunya akan lebih menyenangkan buat anak.