Apartemen yang semakin hari semakin mengalahkan posisi rumah sebagai tempat hunian favorit masyarakat ibukota ternyata berdampak pada harga jualnya yang semakin tinggi di pasaran. Wajar saja jika harga jual apartemen cukup tinggi karena pembangunan ke arahnya memang tengah dijadikan prioritas. Apartemen merupakan solusi dimana semakin sempitnya lahan yang ada untuk dijadikan tempat hunian sehingga mau gak mau pembangunan diarahkan ke dalam garis vertical ke atas guna mengefektifkan lahan yang ada tersebut. biaya pembangunan yang juga cukup tinggi karena dibangun di lahan strategis membuat harga jual apartemen ini semakin tinggi. Selain itu survey membuktikan bahwa orang kebanyakan sudah mulai lebih nyaman tinggal di apartemen dengan beragam alasan yang dikemukakannya mulai dari lokasi strategis, harga lebih murah dari rumah standar, dan juga alasan lainnya yang membuat apartemen menjadi salah satu primadona di Indonesia, khususnya di kota besar seperti jakarta dan bandung.

 

Semakin tingginya harga apartemen di Indonesia juga diakibatkan oleh semakin banyaknya transmigrasi masyarakat pedesaan yang datang ke kota kota besar dan membuat semakin padatnya penduduk sehingga tingkat permintaan akan rumah hunian tidak seimbang dengan persediaan yang ada dan hanya rumah jenis apartemen saja yang bisa menampung warga yang jumlahnya banyak tersebut. wajar jika harganya semakin tinggi, soalnya apartemen bukan lagi kebutuhan tertier seperti di tahun tahun sebelumnya, akan tetapi saat ini sudah bisa dibilang sebagai kebutuhan primer yang sama kedudukannya dengan rumah hunian biasa.

 

Untuk mengontrol kenaikan harga jual apartemen yang semakin tinggi sehingga apartemen murah di Jakarta semakin sulit, maka diperlukan solusi yang bisa membuat angka permintaan akan apartemen dengan jumlah apartemen yang ada seimbang. Jika keduanya sudah seimbang maka bisa dipastikan bahwa harga jual apartemen akan kembali di angka normal yang rasional. Pembangunan apartemen yang saat ini tengah ramai sekali diharapkan bisa mewujudkan keseimbangan antara harga jual apartemen di tahun tahun mendatang karea jika harga sebuah apartemen semakin tinggi bisa jadi animo masyarakat kepada jenis ini bisa turun.

Tinggalkan balasan