Bagi Anda yang memiliki gaji kecil, adanya program rumah subsidi yang dibangun oleh Perumnas adalah sebuah berkat sendiri. Kesempatan Anda untuk mendapatkan rumah dengan harga yang rendah pun jadi semakin dekat. Namun, meski ini adalah kabar yang baik bagi Anda yang memerlukan tempat tinggal namun masih terbentur masalah keuangan, Anda juga harus selalu menimbang resikonya.

Untung - Rugi Rumah Subsidi
Untung – Rugi Rumah Subsidi

Kelebihan Membeli Rumah Subsidi

Ada banyak kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan jika hendak membeli rumah subsidi. berikut adalah 4 keuntungannya :

  1. Harga dan cicilan murah

Harga rumah sudah rendah, ditambah dengan cicilan yang sebagian sudah ditanggung pemerintah. Tentunya ini membuat beban Anda menjadi lebih ringan.

  1. Pengembang bisa dipercaya

Perumnas sebagai pengembang rumah-rumah murah seperti ini sudah memiliki reputasi sebagai pengembang resmi pemerintah yang bisa dipercaya, dan memiliki banyak rekanan bank.

  1. Rumah siap pakai

Rumah pun sudah siap untuk dihuni, dengan fasilitas yang lengkap. Anda tak perlu menunggu rumah selesai dibangun alias inden.

  1. Dibebaskan dari biaya ekstra

Lebih untung lagi, rumah yang disubsidi ini juga dibebaskan dari banyak jenis pajak saat jual-beli rumah, dan tidak banyak biaya tambahan yang harus Anda bayar.

Kekurangan Membeli Rumah Subsidi

  1. Lokasi tidak selalu strategis

Banyak lokasi perumahan bersubsidi ini tidaklah strategis. Jauh dari pusat kota, dan Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.

  1. Bangunan berkualitas standar

Jangan harapkan kualitas bangunan, baik itu bahan atau desainnya, untuk setara dengan rumah-rumah yang harganya di atasnya. Anda tidak punya banyak pilihan.

  1. Peraturan lebih ketat

Harus bergaji tertentu, riwayat kredit bersih, tidak bisa dijual atau dikontrakkan begitu saja, dan aturan-aturan lain. Semua itu membuat Anda harus ekstra teliti membaca ketentuan dan kehati-hatian lebih.

Tergantung dari poin mana yang paling penting bagi Anda, rumah subsidi bisa jadi rumah ideal. Tapi yang jelas, sebagai rumah dengan harga rendah yang tidak selalu mudah ditemukan di pasaran, rumah-rumah dari Perumnas ini memberikan kesempatan bagi orang-orang Indonesia untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.