Inilah Keistimewaan Batik Songket yang Khas

Indonesia merupakan Negara yang banyak dilirik oleh Negara lain karena selain sumber daya alamnya yang melimpah, Indonesia juga kaya akan adat serta budaya masyarakatnya. Berbagai kekayaan budaya termasuk hasil karya masyarakat yang khas dari Indonesia disukai banyak Negara di dunia. Salah satu karya yang kini telah mendunia adalah Batik songket.

Salah satu kain bercorak yang dibuat dengan cara tradisional dengan penuh ketelatenan sehingga hasilnya sangat berkualitas. kain ini memiliki motif yang khas tergantung dari daerah pembuatannya. Pulau Jawa adalah pusat pembuatan kain bercorak ini dengan ciri khas dan motif yang berbeda pula. Namun beberapa daerah lainnya pun seperti sumatera banyak yang menghasilkan kain tersebut namun berbeda nama dan motifnya.

Inilah Keistimewaan Batik Songket yang KhasMasyarakat Sumatera juga memiliki kain batik songket yang khas. Kain tersebut dinamakan dengan kain songket. Kain ini merupakan sebuah kerajinan khas masyarakat pulau Sumatera dari mulai Sumatera Barat, Selatan, Aceh, Riau, Palembang dan provinsi lainnya di wilayah Sumetera. Kain ini merupakan sebuah tenunan yang disisipkan benang emas, perak atau warna lainnya sebagai corak. Ada beberapa hal unik dari kain songket ini yaitu :

  1. Makna motif
    Kain khas masyarakat Sumatera ini memiliki adat budaya melayu yang lugu. Di setiap motif pada kain tersebut memiliki makna dan tujuan yang berbeda, beberapa diantaranya ada yang bermotif bunga atau tumbuhan seperti motif bunga tanjung, bunga melati, cengkih, mawar dan lainnya yang melambangkan kebaikan, kesucian, keagungan dan rezeki. Selain motif tersebut, masih banyak motif lainnya yang khas dan memiliki makna dan tujuan. Bahkan ada 25 jenis motif kain tersebut yang memiliki hak paten demi melindungi warisan budaya leluhur seperti motif limar cempuk, naga besaung dan 23 motif lainnya.
  2. Kain kelas atas
    Songket merupakan sebuah kain yang dulunya hanya dari golongan bangsawan dan raja saja yang dapat memakainya. Kepangkatan seorang bangsawan juga diukur dari beratnya kain ini. semakin berat kain yang digunakan, maka semakin tinggi pangkat dan jabatannya. Hal ini dikarenakan kain khas ini dibuat dari bahan benang emas asli.
  3. Cara menyimpan
    Cara menyimpan kain ini jelas sangat berbeda dari kain yang lainnya, yaitu dengan cara digulung atau dibuka pada papan yang datang. Hal tersebut mesti dilakukan karena terdapat benang emas dan untuk menjaga sisipan benang pada kain tersebut.

Nah itulah keunggulan dari warisan budaya leluhur yang mesti dilestasikan terus oleh generasi berikutnya. Sekarang ini anda tidak perlu datang ke Sumatera untuk mendapatkannya, cukup belanja via online maka anda bisa mengoleksinya.