Nonton film adalah sebuah aktivitas yang sangat dekat dengan kehidupan kita, film dengan berbagai genrenya berbaur mewarnai perjalanan kehidupan manusia dari masa ke masa. Setiap orang pasti memiliki kenangan tersendiri mengenai film favoritnya. Ada orang yang teringat masa-masa ia kecil hingga dewasa bersama keluarganya, masa-masa indah bersama para sahabatnya, bahkan bisa juga menjadi alat pengingat ketika pernah menjalin hubungan dengan orang terkasih di masa silam. Pengalaman-pengalaman tersebut menjadi indikator bahwa keberadaan film bisa mempererat jalinan silaturahmi, persahabatan atau jalinan percintaan sepasang kekasih. Dengan demikian, film ini memiliki peranan yang cukup penting bagi perjalanan hidup manusia. Pernyataan ini bisa dibenarkan karena sejatinya film ini dibuat dengan berbagai tujuan yang sudah dikemas melalui alur cerita oleh sang sutradara. Oleh sebab itu, semua serba serbi mengenai kehidupan bisa tergambarkan melalui tayangan sebuah film sesuai dengan genre film itu sendiri.

Disamping hal-hal yang dikemukakan di atas, film ini merupakan media hiburan sederhana bagi setiap orang manakala ia sedang berada dalam waktu senggang. Menonton film atau movie bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menyegarkan otak setelah dihadapkan dengan serangkaian tugas-tugas pekerjaan yang harus diselesaikan. Banyak cara yang dilakukan orang untuk menonton film ini, ada yang hanya mengandalkan film yang ditayangkan televisi, pergi ke bioskop, meminjam DVD ke tempat rental DVD, meminta file film ke teman, sampai mendapatkan sendiri melalui internet. Bagi orang-orang kreatif dan tidak ingin ketinggalan film, mendownload film dari situs online di internet sudah menjadi kesehariannya. Tidak mengenal status pekerjaan atau sosial, orang-orang ini terus berusaha mencari cara agar bisa mendapatkan film.

Bagi sebagian orang yang sudah menguasai teknologi dengan baik, mengunduh film tentunya bukan hal yang dianggap sulit untuk dilakukan. Mereka bisa mendapatkan satu atau banyak film dalam sehari, mulai dari film Indonesia hingga film yang tengah booming di box office Amerika. Namun, khusus untuk film-film asing terkadang situs film online tersebut tidak menyediakan fasilitas subtitlenya. Oleh karena itu, banyak dari para pencinta film yang sedikit kecewa karena film yang diunduhnya belum dilengkapi dengan subtitle sesuai dengan bahasanya. Tetapi, saat ini sudah ada situs film yang dilengkapi dengan fasilitas unduh subtitle juga seperti Tubeplus. Melalui situs tersebut penikmat film tidak usah bingung mencari link subtitle karena subtitle dalam beberapa bahasa sudah disediakan dan siap untuk diunduh.