tumbuh kembang anak
tumbuh kembang anak

Kenakalan remaja sering kali akibat ulah dari tumbuh kembang anak laki-laki, dimana terkadang hal tersebut tidak diketahuinya. Anak-anak tentu mempunyai sifat naïf dan polos sehingga tidak bisa membedakan mana yang baik dan buruk, oleh karena ini tugas dari orang tualah yang harus mengajarkan beberapa norma tidak tertulis pada anak, terlebih untuk anak laki-laki agar bisa mandiri dan bertanggung jawab di masa depan.

Anda sebagai orang tua tentu harus tahu pertumbuhan dan perkembangan anak yang nantinya akan mengharumkan atau menghancurkan masa depan keluarga, dua hal ini seperti mata pisau yang jika salah penggunaannya akan menimbulkan bencana. Berikut beberapa hal yang harus orang tua tahu akan perkembangan anak laki-lakinya:

• Mulai timbul rasa berkuasa, laki-laki memang selalu ingin menang, ini sangat baik jika anda salurkan dalam bidang akademik, tanamkan bahwa putra laki-laki anda harus juara agar bisa mendapatkan apa yang diinginkannya, ini jauh lebih baik dari pada membuatnya menjadi penguasa kecil disekolahnya.
• Mulai tertarik dengan lawan jenis, hal ini normal adanya namun anda harus meredamnya melakukan hal buruk, pemaksaan terhadap orang lain untuk menyukainya adalah sebuah hal yang buruk dan berbuat kasar pada wanita itu sangat tidak diperbolehkan.
• Mulai tertarik dengan kecepatan, banyak laki-laki yang ingin lebih cepat menggunakan motor dan mobil, ini karena hormone adrenalinnya memproduksi secara berlebih dan belum ada penyaluran, lebih baik membatasi dengan memberikan beberapa syarat, seperti harus mempunyai SIM terlebih dahulu.

Beberapa hal di atas ini memang lazim dan normal terjadi saat tumbuh kembang anak laki-laki, ada baiknya peran ibu masuk di dalamnya. Jika dua laki-laki bertemu pasti seperti batu yang diadu akan sama-sama hancur jika di adukan, lebih baik anda seorang mendekatinya dengan kelembutan supaya bisa meredam amarah keduanya.

Tinggalkan balasan