7 Stimulasi Kepintaran Anak

7 Stimulasi Kepintaran Anak

Kepintaran anak pastinya tak akan bisa berkembang tanpa adanya pembelajaran dari para orangtuanya. Nah, agar kepintaran anak dapat berkembang, peran orangtua disini harus bersedia memberikan waktu luang untuk menjalankan stimulasi kepintaran anak. Pakar pendidikan anak Dr. Thomas, PhD menyatakan bahwa stimulasi anak itu sangat penting untuk otak anak. Apalah artinya jika memiliki seorang anak yang otaknya jenius tapi tidak diberikan pembelajaran atau stimulasi maupun pengalaman baru dalam hidupnya. Untuk itu, Dr. Thomas menyatakan bahwa orangtua harus bisa menyediakan waktu luang untuk si kecil. Karena jika tidak dari peran orangtua sendiri, lantas darimana lagi anak memperoleh stimulasi yang diperlukannya?

Ada 7 stimulasi kepintaran anak yang bisa Anda ketahui di www.parentingclub.co.id. Dan berikut beberapa stimulasinya :

  • Biarkanlah si kecil menentukan minatnya sendiri. Jangan pernah Anda memaksa minat yang tidak disukai anak karena bisa mengakibatkan minat dan bakat anak tidak bisa berkembang. Dan berikanlah kesempatan anak untuk bermain-main di tempat yang bebas yang bisa menunjukkan kemampuan utama yang dimilikinya.
  • Bertanyalah, bantu si kecil untuk menjadi seorang anak open minded pada hal-hal menarik dalam dunia ini dengan memberikan pertanyaan seperti: Mengapa langit warnanya biru? Lalu temukanlah jawabannya secara bersama-sama.
  • Jangan pernah Anda memaksa Anak Untuk Belajar. Jika anak-anak dikursuskan ke tempat-tempat les setiap hari untuk study dengan harapan anak-anak bisa mengembangkan kemampuannya, kemungkinan besar justru membuat anak menjadi lelah atau stress. Anda hanya perlu menyemangatinya, namun jangan terlalu memaksa.
  • Jagalah minat belajar anak, karena watak anak-anak itu mudah sekali terpengaruh terhadap contoh-contoh yang Anda berikan.
  • Jangan sering memberi bonus atau rewards pada anak Anda. Memberikan bonus agar anak Anda bisa memperoleh sesuatu hal menandakan bahwa metode pembelajaran tersebut tak ada manfaatnya.
  • Rencanakanlah rutinitas bersama keluarga. Kreativitas bersama keluarga bisa mengembangkan dan membangkitkan potensi belajar anak.
  • Jangan pernah memberikan kritikan keras ataupun menghakimi apa hal-hal yang sudah dilakukan oleh anak Anda.

Itulah 7 stimulasi kepintaran anak yang bisa mengembangkan potensi anak. Nah, agar kepintaran anak semakin berkembang, Anda bisa memberikan nutrisi Wyeth kepada anak secara rutin. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan balasan