Kesehatan Memang Penting Tetapi Ini Lebih Penting
Kesehatan Memang Penting Tetapi Ini Lebih Penting

Setiap orang biasanya mendambakan hidup makmur dan kaya tetapi semua akan berpendapat bahwa kesehatan lebih penting karena sekaya apapun tidak akan bisa menikmati hidup secara sempurna kalau badan sakit-sakitan. Tetapi walaupun kesehatan itu penting tetapi apa yang akan saya sebut ini lebih penting seperti yang telah saya bicarakan dalam blog 1sehatcantik.blogspot.com maka akan anda sadari hal ini. Walaupun saat ini anda belum setuju tetapi jiak anda bisa berpikir jenih pasti akan setuju.

Dalam tubuh manusia sebetulnya hanya wadah atau tempat saja bagi pikiran dan jiwa kita. Walaupun badan, pikiran, jiwa, kondisi psikologi semua berhubungan dan saling bergantung namun hakikatnya inti apa yang ada adalah yang ada di dalam bukan yang ada di luar sehingga apa yang ada di dalam tubuh yaitu pikiran dan jiwa adalah apa yang sebut manusia.

Jika sesorang sakit badannya namun sehat pikirannya , apakah dia tetap disebut manusia? Ya jelas dia tetap disebut sebagai manusia. Sedang bila ada orang yang sehat jasmaninya tetapi tidak sehat pikirannya alias gila alias tidak waras pikirannya, apakah dia masih layak disebut manusia? Tentu saja dia sebut manusia tetapi gila alias orang gila.
Mana yang lebih utama? Kalau orang sakit badan masih bisa berguna dengan sisa-sisa kondisi yang ada, masih bisa diajak bicara berdiskusi dan hidup layak dengan manusia lain. Sedangkan orang yang sakit jiwa awalaupun badannya sehat akan tetapi apa yang ada pada dirinya tidak berguna bagi masyarakat, tidak bisa hidup layak dengan masyarakat. Jadi walapun kesehatan badan itu penting tetapipikiran yang sehat lebih utama karena yang menentukan kualitas hidup adalah apa yang ada di dalam pikiran kita bukan dari jasmani saja.

Kedua adalah kesehatan moral yaitu bagaimana kita berpikir secara tepay terhadap kebenaran yang terjadi, banyak orang yang sehat pikirannya bahkan pandai serta sehat pula badannya tetapi jiwanya terganggu alias rusak moralnya sehingga bukan kebaikan yang diperbuat , bukan nilai positif yang dihasilkan tetapi justru malah kerusakan dan kejahatan. Orang-orang yang seperti inilah yang mengakibatkan adanya peperangan, penghancuran, dan kajahatan. Pesan terakhir jaga baik=baik pikiran dan jiwa kita dengan mengikuti nilai-nilai positif dan kebaikan bagi seluruh alam semesta. thanks