Manajer investasi
Manajer investasi

Bagi sebuah perusahaan manajer investasi atau disingkat MI merupakan suatu lembaga yang menerbitkan berbagai unit reksadana dan nantinya akan dijual pada para investor. Sedangkan untuk profesi seseorang, yakni berarti sebagai pengelolaan reksadana dengan strategi yang bisa dimiliki. Perusahaan tersebut membutuhkan beberapa orang yang bisa dijadikan pekerja. Orang-orang tersebut haruslah ahli dalam bidang investasi serta pengelolaan dana.

 

Berdasarkan peraturan dari pemerintah, ada delapan kewajiban untuk manajer bidang investasi yang nantinya harus dipatuhi MI. Berikut adalah beberapa kewajiban MI:

 

  1. Pengelola fortofolio efek berdasarkan akan kebijakan investasi,
  2. Pennyusunana aturan serta memastikan untuk semua uang dari calon investor sudah disampaikan pada bank kustodian,
  3. Penetapan dalam nilai pasar, kemudian menyampaikan hal tersebut kepada bank kustodian,
  4. Pelunasan pada unit penyertaan,
  5. Selalu menyimpan serta memelihara semua dari pembukuan serta catatan penting yang memiliki hubungan dengan laporan keuangan,
  6. Setiap ada pergantian susunan organisasi perusahaan, maka wajib melaporkan secara tertulis pada bank kustodian,
  7. Menyampaikan kepada masyarakat jika adanya perubahan kontrak investasi.

 

Kewajiban yang disebutkan di atas merupakan pembatas dalam mengelola dana masyarakat. Untuk itu, dalam mengelola dana tersebut perlu dilakukan dengan prospectus yang diberikan pada pemegang unit penyertaan. Selain hal tersebut, sudah menjadi tugas manajer investasi untuk menganalisa kekayaan dari investasi. Memilih perusahaan MI ini adalah hal penting yang perlu anda perhatikan.