Setiap pemilik kendaraan roda empat tentunya sangat menyayangi mobilnya, dan tentu semua mengarah kepada perawatan mesin mobil. Setiap komponen pada mobil tentunya sangat penting dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap detailnya pun mempunyai fungsi vital masing – masing, namun harus anda ketahui beberapa komponen terpenting yang menjadi hal utama yang khususnya untuk keselamatan saat berkendara.

Dalam perawatan untuk menjaga kestabilan operasi mesin mobil saat berkendara tentu hal yang paling pertama adalah mesin. Yang harus dilakukan tentu oli mesin yang perlu benar – benar diperhatikan karena jika oli mesin sudah kotor apalagi sampai habis dan membuat pergesekan didalam mesin terjadi kekeringan tentu akan merusak komponennya dan menyebabkan kerusakan fatal. Dan hal itu akan menyebabkan mogok total sehingga harus mengganti atau membongkar seluruh bagian mesin yang biasa dikenal dengan istilah turun mesin, jadi periksa selalu oil mesin apalgi sehabis perjalanan jauh.

Hal terpenting kedua adalah Rem, yang perlu diperhatikan tentunya minyak rem. Jangan sampai memaksakan untuk bepergian ketika rem merasa sudah tidak stabil dan sulit dikendalikan karena hal itu mungkin minyak rem yang sudah aus dan harus segera diganti dengan yang baru.

Ketiga adalah Suspensi atau kaki – kaki mobil, mungkin sulit jika dilakukan sendiri dalam hal perawatannya jika anda kurang mengetahui hal tersebut. Maka service lah secara berkala karena jika terjadi kerusakan maka hal itu akan mempengaruhi steering yang kurang normal atau berada dibawah kendali, perwatannya adalah berupa penyetelan kembali pada balancing dan spooring.

Kemudian hal terakhir adalah kelistrikan mobil, mungkin saja jika mobil masih dapat melakukan starter maka listrik masih dalam keadaan sangat normal. Namun anda harus hati – hati dengan umur mobil yang anda kendarai, karena semakin lama bisa saja kabel lampu ataupun lighting itu dapat mati tiba – tiba sedangkan pada dashboard anda tanda lampu lighting akan tetap menyala. Bisa terjadi kesalah pahaman karena anda menyangka lighting anda menyala sehingga dapat terjadi kecelakaan.