Kesehatan ibu hamil
Kesehatan ibu hamil

Perkembangan janin 4 bulan umumnya akan menandakan adanya perubahan pada janin dan juga keadaan ibu. Pada bulan ke 4 itu artinya kehamilan sudah memasuki trimester kedua, sampai berakhirnya bulan ke 6. Pada usia kehamilan 4 bulan ini wujud janin akan semakin jelas seperti bayi, Walaupun beratnya baru sekitar 25 gram pada awal bulannya dan sampai kurang lebih 130 gram pada akhir bulan. Beberapa bagian tubuh yang lebih jelas sudah mulai terbentuk dan janin akan mulai melakukan berbagai pergerakan kecil.

Pada masa ini perubahan fisik juga akan terjadi oleh ibu yang mengandungnya. Salah satunya jantung yang akan bekerja lebih keras guna menyuplai darah pada janin yang sudah tumbuh. Lalu pada bagian pelvis akan terasa lebih berisi, misalnya saja  ada bola lunak didalamnya. Berat tubuh ibu juga akan meningkat bila sebelumnya belum mengalami peningkatan yang disebabkan oleh morning sickness.

Makanan untuk Ibu Hamil Ketika Pertumbuhan Janin 4 Bulan

Dalam usaha untuk menjaga kondisi Anda hingga nanti menuju ke tahap melahirkan, ada beberapa jenis makanan yang memang dianjurkan untuk dikonsumsi para ibu yang sedang hamil. Sebab pencernaan semakin berat dan memerlukan banyak nutrisi, ibu hamil sebaiknya makan makanan yang bergizi tinggi. Perkembangan janin pada bulan ini  sangat cepat dan semakin memenuhi perut yang akan menyebabkan resiko sembelit. Oleh sebab itu, Anda harus memilih berbagai macam makanan yang berserat guna mengurangi terjadinya sembelit. Selain itu, para ibu juga dianjurkan untuk memenuhi asupan kalsium setiap harinya.

Sebab tidak hanya untuk Anda, namun juga untuk janin yang ada di dalam kandungan Anda. Kalsium mempunyai manfaat untuk membantu tumbuh kembang tulang rawan janin ketika memasuki  perkembangan janin 16 minggu.  Anda dapat memperoleh asupan kalsium dari beberapa macam makanan yang berasal dari olahan susu, misalnya saja yogurt, keju, dan juga sayuran berwarna hijau. Danjurkan juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan  zat besi dan juga berbagai makanan yang rendah lemak, agar kadar lemak di dalam tubuh tetap terkendali dengan sempurna. Asam folat juga termasuk salah satu nutrisi untuk ibu hamil yang tidak boleh dilupakan.

Memang masih ada banyak  berbagai nutrisi penting untuk ibu hamil yang lain, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk lebih jelasnya. Para ibu hamil juga dianjurkan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan Anda dan memeriksakan kandungan secara rutin ke dokter setiap minggu  atau setidaknya 1 bulan sekali.

 

Berbagai Tanda Yang Dialami Ibu Hamil Pada Perkembangan Janin 4 Bulan

Perkembangan janin pada bulan ke 4 juga akan membuat ibu yang mengandung mengalami beberapa perubahan, misalnya saja perubahan fisik pada bagian perut. Disamping itu, perubahan fisik juga akan terjadi pada beberapa organ tubuh yang lainnya , misalnya saja perubahan warna pada puting yang sudak terlihat lebih gelap. Pada usia kehamilan ini ibu hamil juga akan mengalami peningkatan volume darah guna mendukung perkembangan janin. Selain itu, ibu hamil juga akan merasakan sesak napas seperti gejala ketika  kehamilan di beberapa minggu awal.

Oleh karena itu , Anda harus benyak beristirahat dan jangan melakukan kegiatan  yang terlalu berat. Beberapa tanda yang dialami oleh ibu hamil ketika memasuki usia kehamilan bulan ke 4 yaitu  rasa panas seperti terbakar yang dirasakan pada bagian jantung, biasanya juga akan merasa pusing dan muntah. Anda akan mudah merasa capek  dan susah bernapas ketika beraktivitas. Disamping itu,  dalam menjaga kondisi kesehatan Anda sendiri dan juga janin yang memang ada berbagai macam asupan nutrisi penting yang Anda perlukan ketika perkembangan janin 4 bulan.