Kendaraan menjadi hal yang sangat dibutuhkan di era modern seperti sekarang ini, mengingat ada tuntutan untuk lebih cepat, baik itu dalam perjalanan maupun melakukan pekerjaan, mengingat tak sedikit pula diantara jenis pekerjaan yang harus dilakukan dengan bantuan kendaraan. Sama seperti kebutuhan untuk bekerja tiap orang juga memerlukan kendaraan pribadi sebagai sarana mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari agar lebih cepat, namun harganya yang mahal terkadang membuat banyak masyarakat yang tak bisa membelinya, padahal kendaraan tersebut termasuk dalam kebutuhan penunjang yang sangat penting.

Namun anda tak perlu khawatir karena ada banyak juga sistem penjualan yang menawarkan kendaraan secara kredit, dengan kata lain anda bisa membawa pulang meskipun dengan yang kurang atau tak cukup, namun dengan catatan harus tetap melakukan angsuran tiap bulannya. Namun jika anda masih merasa terlalu berat dengan cara tersebut maka tak ada salahnya jika melakukan kredit motor bekas, meskipun bekas tetapi banyak diantaranya yang ditawarkan dengan kualitas yang masih sangat bagus, anda hanya perlu pintar dalam melakukan pemilihan, berikut ini beberapa tips dalam memilihnya:

  • Lihat tampilannya, mungkinkan catnya masih asli atau sudah melalui beberapa perbaikan, paling tidak dari tampilan motor tersebut anda juga bisa memperkirakan riwayatnya, mungkinkan pernah mengalami kecelakaan sebelumnya atau tidak, akan lebih baik jika anda menghindari membeli motor yang pernah mengalami kecelakaan.
  • Performa mesin, hal ini bisa anda ketahui hanya dengan menaikinya, coba untuk menaiki dan rasakan sendiri bagaimana mesinnya bekerja, apakah masih bagus atau mungkin ada beberapa gangguan yang anda alami, karena hal ini juga turut mempengaruhi kenyamanan anda dalam berkendara.
  • Jangan sungkan untuk bertanya apa saja masalah pada motor tersebut, mungkin beberapa diantara penjual akan menutupinya, namun banyak juga yang tak sungkan untuk menjabarkan secara langsung permasalahan umum yang sering kali dialami motor, baik itu aki atau beberapa bagian yang kendor.

Sebenarnya lebih mudah dalam memilih motor bekas dibandingkan dengan mobil bekas, karena kurang lebih banyak diantara masyarakat yang sudah paham akan hal yang satu ini. Anda juga tak perlu khawatir jika kiranya kurang mengenal hal-hal mengenai mesin motor karena ada banyak orang terdekat yang bisa anda ajak untuk membeli, paling tidak nantinya mereka akan memberikan masukan mengenai kendaraan yang bagus untuk anda atau juga yang tidak.

Untuk tempat pembeliannya sendiri juga ada banyak, dengan langsung mendatangi dealer motor bekas atau dengan membeli pada orangnya secara langsung, salah satu keuntungan dengan membeli pada orang yang bersangkutan adalah harga yang akan anda dapatkan tergolong lebih murah, karena tak melalui perantara sama sekali, selain itu anda juga bisa bertanya-tanya secara langsung menangani kondisi motor tersebut.

Namun masalahnya jika membeli pada orangnya secara langsung tentu anda tak akan mendapatkan kredit motor bekas, karena kebanyakan menginginkan pelunasan secara langsung. Anda hanya bisa mendapatkan kredit jika membelinya pada lembaga resmi seperti dealer, tentunya dengan harga yang relatif lebih mahal, belum lagi jika nantinya ada nilai suku bunga yang ditawarkan kepada anda.

Tetapi meskipun lebih mahal namun juga tak memberatkan, apalagi bagi anda dengan jumlah atau nilai penghasilan yang teratur, hal tersebut bisa dijadikan sebagai pilihan tepat untuk mendapatkan motor idaman dengan harga yang rendah dan pembayaran yang tak memberatkan.