Penanganan bayi baru lahir biasanya dilakukan oleh bidan atau dokter. Bayi yang baru lahir harus ditangani secara tepat sesuai dengan keadaan bayi. Bila saat lahir penilaian pada bayi ada yang nol, artinya tidak menunjukkan tanda-tanda bayi lahir normal, maka bidan atau dokter yang menangani harus segera melakukan tindakan sesuai prosedur.

Penanganan bagi bayi yang baru lahir dengan asfiksia ringan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Langkah awal dengan tekhnik HAIKAL

  • Hangatkan bayi dengan cara membedong dan menghidupkan lampu resusitasi
  • Atur posisi bayi, letakkan kepala bayi lebih dekat dengan kita.
  • Hisap lendir dari mulut dan hidung bayi untuk membersihkan jalan pernapasan
  • Rangsang taktil dengan cara punggung payi di puk-puk dan sentil bagian jari-jari tangan dan kaki bayi
  • Lakukan penilaian, apakah bayi dapat menangis spontan/lemas, apakah warna kulit bayi merah muda, pucat/biru, dan apakah bayi dapat bernapas (lihat pergerakan dinding dinding dada dan dengarkan detak jantung menggunakan stetoskop).

2. Bila pada saat dilakukan langkah awal pengananan bayi baru lahir dengan resusitasi berhasil, maka bayi dapat diberikan pada ibu untuk disusui. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kehangatan bayi.

Setelah selesai dilakukan langkah awal penanganan bayi baru lahir dengan asfiksia ringan selesai, kita dapat memberikan konseling pada ibu untuk bisa menyusui bayinya sesering mungkin, dan mengajari cara menyusui yang benar. Serta beritahu pada ibu untuk selalu menjaga kehangatan bayi.

Tinggalkan balasan