Langkah Melakukan Sterilisasi Alat Kesehatan dan Kedokteran
Langkah Melakukan Sterilisasi Alat Kesehatan dan Kedokteran

Perkembangan di dunia medis sekarang ini sudah sangat pesat karena ada banyaknya alat kesehatan yang terbaru dan memberikan kemudahan saat dokter melakukan perawatan pada pasiennya di berbagai fasilitas kesehatan, entah di rumah sakit atau di klinik. Setiap perlengkapan kedokteran yang dimiliki harus dirawat dengan cara melakukan sterilisasi untuk mencegah berbagai macam kerusakan. Ada berbagai macam jenis peralatan yang harus disterilisasi seperti gunting, pinset, korentang dan yang lainnya.

Beberapa langkah untuk melakukan sterilisasi alat medis yaitu :

Pertama, untuk persiapan sterilisasi. Mempersiapkan peralatan yang dibersihkan seperti kasa, lap kering, bengkok, larutan pembersih dan tempat untuk mencuci. Anda juga harus menyiapkan beberapa peralatan tambahan sebagai peralatan sterilisasi untuk membersihkan peralatan kedokteran ini, peralatan ini seperti karet dan kapas. Setelah menyiapkan seluruh alat sterilisasi, Anda dapat membuat cairan desinfektan untuk menghindari infeksi silang. Cara pembuatan larutan ini dengan siapkan larutan gigasept dan air. Campurkan cairan dengan air, peralatan yang akan Anda sterilkan bisa disabuni satu per satu dan bilas dengan pemanasan kering, sesudah disterilkan, peralatan bisa dipindahkan dengan korentang steril ke penyimpanan.

Untuk peralatan kedokteran yang terbuat dari logam, Anda bisa membilas menggunakan air yang mengalir. Cara ini dilakukan sebagai penghilang kotoran yang melekat dan rendam dengan larutan pembersih selama 2 jam, terlebih untuk peralatan yang digunakan pada pasien dengan penyakit menular, Anda harus merendamnya dengan waktu 24 jam lamanya. Semua peralatan harus disabuni satu demi satu dan dibilas. Masak hingga mendidih dan angkat. Pindahkan kedalam korentang steril di tempat penyimpanan.

Terakhir, sterilisasi alat kesehatan yang terbuat dari karet. Langkah untuk melakukan sterilisasi ini dengan membersihkan peralatan menggunakan kapas setelah itu bersihkan dengan menyemprotkan air yang mengalir dan dipijat. Jika peralatan tersebut sudah bersih, Anda dapat merendamnya dengan menggunakan cairan disinfectant selama 2 jam, setelah air mendidih, masukkan peralatan dalam wadah penyimpanan.

Baca Juga Artikel Terkait : Tips Memilih Toko Alat Kesehatan Yang Berkualitas