Leuweung Sancang merupakan kawasan hutan yang masih alami di kawasan Garut Selatan. Cagar alam yang dilindungi dan memiliki ekosistem hutan hujan tropis ini tepatnya berada di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hutan yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya ini memiliki luas 2.157 ha dengan konfigurasi tanah datar bertebing curam di sebagian pesisir pantai, misalnya di wilayah Karang Gajah.

Leuweung Sancang merupakan salah satu cagar alam yang ada di Indonesia yang bertaraf Internasional. Cagar alam ini masih asri dan belum tersentuh oleh fasilitas pariwisata seperti tempat wisata di Garut lainnya. Bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan ini dapat melakukan beberapa kegiatan seperti tracking, melakukan penelusuran hutan, penelitian ekosistem alam, fotografi, berkemah, memancing, dan berbagai kegiatan lainnya yang tidak mengganggu ekosistem hutan.

Keadaan hutan yang masih asri dengan ekosistemnya yang unik serta bentang alamnya yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke Leuweung Sancang. Di Leuweung Sancang terdapat panorama alam yang unik seperti hutan bakau, sungai, berbagai jenis flora dan fauna, serta gugusan-gugusan batu karang. Jenis flora yang paling dominan menghuni hutan ini diantaranya pohon bakau, pohon ketapang, tumbuhan sorea, palahlar (Dipterocarpus sp.), serta berbagai jenis tumbuhan pantai seperti terumbu karang (Afluda mutica), agar-agar laut (Gracilaria), kades (Gelidium lam), dan paris (Mycrophyllum bracilieneis). Selain itu, tumbuh juga jenis tanaman langka seperti pohon meranti merah dan pohon kaboa (Dipteroearpus gracilis). Sementara itu fauna yang mendiami hutan ini antara lain banteng, macan tutul, lutung, monyet, burung merak, dan binatang lainnya.