mencegah penyakit diabetes

Tak bisa dipungkiri bahwa diabetes memang tergolong jenis penyakit kronis yang harus diwaspadai. Telah banyak orang yang menjadi korban keganasan diabetes tersebut yang disebabkan karena beberapa faktor misalnya seperti penanganan yang lambat ataupun kelalaian akibat kurangnya pengetahuan si penderita mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang pengidap penyakit diabetes. Pengetahuan tersebut terutama dalam segi pemilihan makanan yang akan dikonsumsi dimana sudah seharusnya mereka penderita diabetes memahami jenis makanan untuk diabetes yang baik, tepat, dan sehat supaya nantinya makanan yang dikonsumsi itu tidak berefek buruk dan menjadi malapetaka bagi kondisi penyakit diabetes yang dideritanya.

Seperti telah diketahui bahwa penyakit diabetes disebabkan akibat disfungsi insulin sehingga kadar gula darah dalam tubuh konsentrasinya menjadi berlebihan. Maka untuk pilihan makanan yang tepat dan aman bagi penderita penyakit kencing manis tersebut ialah makanan yang tidak akan memberikan lonjakan gula darah dalam tubuhnya. Sebaliknya pilihan makanan terbaik untuk penderita diabetes harusnya jenis makanan yang mampu mengontrol bahkan menurunkan kadar gula berlebih pada tubuhnya tersebut. Pemilihan jenis makanan yang aman dan baik untuk pasien diabetes penting untuk diperhatikan dan dilakukan karena pengobatan medis sebaik apapun jika faktor makanan yang dikonsumsi tidak diperhatikan malahan cenderung tidak baik dikonsumsi, pengobatan untuk diabetes itu tidak akan efektif dan hanya menjadi suatu hal yang sia-sia belaka.

Menurut beberapa ahli kesehatan yang telah kompeten dalam menangani penyakit diabetes, terdapat beberapa jenis makanan yang tergolong makanan untuk diabetes yang baik dan aman dikonsumsi yaitu :

  1. Oatmeal tergolong makanan yang baik untuk penderita diabetes. Meskipun oatmeal mengandung karbohidrat dimana zat tersebut sangat sensitif sekali bagi diabetes, namun kandungan karbohidrat pada oatmeal relevan masih aman untuk dikonsumsi dan tidak akan mempengaruhi peningkatan glukosa tubuh. Konsumsi oatmeal malah sangat disarankan bagi penderita diabetes karena dipercaya juga dapat menyehatkan organ jantungnya.
  2. Gandum aman dan baik dikonsumsi penderita diabetes. Meskipin gandum memiliki kandungan karbohidrat tetapi karbohidrat yang dikandungnya adalah karbohidrat kompleks yang tidak akan mempengaruhi lonjakan gula darah pada tubuh. Hal yang terjadi justru sebaliknya dimana gandum ini dapat menghambat pelepasan gula dalam aliran darah.
  3. Gula aren termasuk jenis pemanis yang aman apabila dikonsumsi penderita diabetes dan dapat membantu kestabilan gula darah.
  4. Buahan-buahan masih penting dikonsumsi penderita diabetes meskipun harus dapat memilih jenis buah yang tepat karena tidak semua jenis buah baik dan aman untuk diabetes. Jenis buah-buahan yang baik untuk diabetes ialah seperti mengkudu, apel, jeruk bali, pir, kiwi, ataupun ceri.

sumber : http://umum.galihpamungkas.com/makanan-untuk-diabetes-yang-tepat-dan-aman-dari-sayuran-hijau