Studi di Belanda
Studi di Belanda

Jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, salah satu hambatannya ialah biaya. Apalagi jika ingin kuliah hingga luar negeri, terutama studi di Belanda. Tentu biaya menjadi bahan pertimbangan yang tidak bisa di remehkan. Mungkin banyak pertanyaan yang mencuat, bila bersekolah hingga luar negeri membutuhkan biaya yang sangat mahal. Sebenarnya pertanyaan tersebut sangat relative. Mungkin bisa dikatakan mahal bila Anda di sana hanya berbelanja serta liburan.

Kuliah di Belanda bisa dikatakan murah, jika Anda mampu mendapatkan beasiswa. Sebenarnya mendapatkan salah satu beasiswa ini bukanlah hal yang mudah, karena Anda harus bersaing dengan pencari beasiswa yang lainnya. Tentu saja jumlahnya mencapai jutaan setiap tahunnya, namun hal tersebut bukanlah menjadi sebuah hal yang mustahil bukan? Anda bisa saja lolos dengan mudah asalkan memang benar-benar berniat serta memiliki kemampuan yang bisa di bilang pantas untuk mendapatkan hal ini.

Jika Anda kurang percaya diri dengan kemampuan Anda, Anda juga bisa mencoba studi di Belanda namun sambil bekerja, bekerja paruh waktu misalnya, banyak pula mahasiswa lokal yang melakukan hal serupa, tentu bukan hal yang sulit jika Anda bisa mengatur jam antara belajar dan bekerja Anda dengan baik. Selama Anda tidak bertindak boros serta mengatur pengeluaran dengan sangat baik sebenarnya tidak ada hambatan untuk belajar hingga luar negeri.

Sumber: http://www.onjakarta.com/2015/05/apa-saja-biaya-untuk-hidup-mahasiswa-di.html