sayuran penurun darah tinggi
sayuran penurun darah tinggi

Hipertensi atau darah tinggi adalah salah satu penyakit berbahaya yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini bisa timbul karena beberapa sebab. Pertama karena obesitas dan terlalu banyak menimbun lemak. Kedua karena pola makan yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi junk food dan terakhir kurang olahraga atau gerak badan. Untuk mendeteksi penyakit ini tentu saja diperlukan alat tensi. Apabila saat di cek tekanan darah Anda sedang tinggi maka segeralah konsumsi makanan dan sayuran adalah makanan penurun darah tinggi. Kira-kira apa sajakah makan dan sayuran yang dimaksud?

Berikut ini adalah contoh makanan dan sayuran untuk menurunkan darah tinggi:

  • Wortel, kentang, labu dan brokoli adalah beberapa contoh sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Ini bisa terjadi karena di dalam sayuran tersebut terdapat kandungan mineral dan magnesium. Kedua zat inilah yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.
  • Susu rendah lemak ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang sedang tinggi. Selain mengandung banyak kalsium, ternyata susu juga mengandung magnesium.
  • Buah-buahan juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang ada pada tubuh. Karena didalam buah terkandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Agar tekanan darah semakin stabil, sebaiknya kurangi konsumsi garam. Karena terlalu banyak mengkonsumsi garam justru membuat tekanan darah Anda semakin naik. Selain itu jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak jenuh. Ini bisa menyebabkan lemak dalam tubuh naik dan menyebabkan tekanan juga ikut naik. Tak ingin lemak naik dan menyebabkan hipertensi? Sebaiknya ganti gula yang biasa Anda gunakan dengan gula Tropicana. Gula Tropicana tidak mengandung kalori sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Terakhir, jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri pada dokter pribadi Anda. Ini digunakan untuk memantau tekanan darah Anda secara periodik. Jadi apabila tekanan darah tiba-tiba naik maka bisa diturunkan secara cepat dan tepat. Demikian sedikit informasi mengenai aneka makanan dan sayuran penurun darah tinggi. Semoga dengan menerapkan tips ini, tekanan darah tinggi Anda bisa lebih stabil kembali.