Makanan Penurun Darah Tinggi Untuk Ibu Hamil – Para ahli kesehatan banyak menyatakan bahwa hipertensi yang terjadi pada ibu yang sedang hamil akan membahayakan kehamilannya. Pada umumnya ada 2 jenis penyebab umum yang menimpa para ibu hamil sehingga mereka mengalami hipertensi yaitu pertama hipertensi essensial dan kedua hipertensi sekunder. Essensial adalah salah satu jenis yang disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, sering meminum minuman beralkohol dan beberapa pola hidup tidak sehat lainnya serta penyakit jenis pertama ini bukan terjadi karena gangguan ginjal dan jantung. Sedangkan jenis yang kedua atau sekunder diakibatkan oleh adanya gangguan pada jantung maupun ginjal. Ada baiknya para ibu-ibu hamil yang mengalami hipertensi untuk memakan makanan penurun darah tinggi yang dianjurkan.

Untuk lebih detail tentang beberapa bahan makanan yang bisa anda gunakan untuk menurunkan darah tinggi bisa anda lihat di video di bawah ini :

Beberapa konsumsi makanan yang sangat dianjurkan seperti makanan diet rendah garam. Memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung asupan potassium baik yang dapat anda peroleh dari pisang, apricot dan kacang-kacangan. Selain itu penting juga untuk memperhatikan beberapa asupan nutrisi seperti kalsium, omega 3 dan magnesium yang bisa anda dapatkan dari susu dan beberapa makanan laut. Beberapa makanan penurun darah tinggi lainnya yang dapat dikonsumsi seperti mentimun, semangka, bayam dan bawang putih. Semua makanan tersebut dapat membantu para ibu yang tengah dalam kehamilan dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang dideritanya. Dengan menjaga pola makan sehat secara seimbang, maka hipertensi dapat diturunkan dengan cara yang relatif mudah.

Baca juga : BANYAK KONSUMSI AIR PUTIH, ALTERNATIF CARA MENGATASI RADANG TENGGOROKAN

Ada beberapa lagi yang perlu anda catat selain dengan menjaga pola makan sehat, yakni menghindari stress agar mudah menurunkannya. Karena meskipun anda telah menjaga pola makanan sehat yang dikonsumsi akan tetapi stress masih kerap melanda anda, maka hipertensi akan sulit untuk diturunkan. Menghindari pikiran dari hal yang negatif dan mendekatkan diri pada tuhan akan menjadi salah satu solusi yang sangat tepat untuk mencegah dan menghindari diri dari tekanan stress. Selain itu penting juga untuk melakukan olahraga dan tentunya olahraga yang dianjurkan bagi ibu-ibu hamil. Selain mampu menjaga bobot tubuh agar tetap stabil , olahraga pun dapat menjadi salah satu sarana untuk melakukan refreshing diri yang efektif bagi ibu hamil.

Menurut ahli kesehatan saat ini hipertensi tidak hanya diderita oleh orang-orang dewasa saja, kini bahkan para remaja yang tidak memiliki kedisiplinan dalam menjalani pola hidup sehat pun beresiko terkena penyakit tersebut. Ada banyak faktor umum yang menjadi penyebabnya dari mulai pola makan yang tidak sehat, banyak mengkonsumsi minuman keras, merokok, stress dan sebagainya. Bagi anda yang saat ini menderita penyakit tersebut, ada baiknya untuk secepat mungkin dapat menurunkannya kembali menjadi normal agar terhindar dari beberapa penyakit lainnya yang mungkin akan terjadi. Ada banyak makanan penurun darah tinggi yang dapat dikonsumsi salah satunya dari jenis buah-buahan. Dan berikut akan saya paparkan beberapa diantaranya:

1 . Jeruk

Buah yang satu ini sudah dipercaya dan terbukti memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, jeruk bahkan mampu untuk menurunkan hipertensi bagi penderitanya karena memiliki kandungan potassium yang dipercaya dapat membantu menurunkan hipertensi pada setiap orang. Anda daapt langsung mengkonsumsinya atau dapat juga dengan cara di jus. Selain itu ada banyak manfaat jeruk lainnya yang dapat kita peroleh dan baik untuk tubuh seperti salah satunya meningkatkan sistem imunitas kita.

2 . Buah Beri

Ada banyak jenis buah beri yang mungkin anda ketahui seperti blackberry, raspberry ,strawberry dan blueberry. Semua buah tersebut memiliki kandungan potassium yang sangat baik sehingga mampu untuk menurunkan hipertensi setiap orang yang tengah mengidapnya. Buah-buahan yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai makanan penurun darah tinggi. Satu mangkuk buah beri tersebut memiliki kandungan potassium yang cukup banyak yakni 200 mg potassium. Dan menurut para ahli kesehatan setiap orang yang menderita penyakit darah tinggi memerlukan kandungan potassium sebesar 4700 mg asupan pada setiap harinya.

3 . Mentimun

Mentimun sudah dipercaya dari dulu mampu menurunkan hipertensi pada penderitanya. Tidak sulit untuk mendapatkan buah yang satu ini, harganya pun murah dan terjangkau bagi setiap orang. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang satu ini dengan cara langsung memakannya setelah dicuci bersih.  Mentimun memiliki kandungan potassium dan mineral yang sangat tinggi dan bagus untuk penderita darah tinggi.

 

Tinggalkan balasan