gerakan senam hamil
gerakan senam hamil

Kesehatan tubuh harus kita jaga, salah satunya dengan berolahraga secara teratur yang baik dan benar. Olahraga merupakan salah satu kebutuhan untuk tubuh, karena dengan cara inilah tubuh kita akan mengalami kesegaran, sehat yang prima dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kita, tidak terkecuali juga untuk ibu yang sedang hamil maka perlu melakukan aktivitas ini agar tubuh dan janin yang dikandungnya lebih sehat. Manfaat dan gerakan senam hamil bagi ibu hamil itu sendiri sangat banyak yang nantinya akan berpengaruh besar kepada terciptanya kelancaran pada saat melahirkan. Untuk melakukan senam tersebut anda tidaklah akan merasa kesulitan, karena senam ini mempunyai sifat yang mudah yang dapat dilakukan oleh ibu hamil yang akan menguatkan otot-otot rahim sehingga akan membantu melancarkan dan mempermudah proses persalinan.

Berikut manfaat dan gerakan senam hamil agar nantinya pada saat melakukan proses persalinan ibu hamil mendapatkan suatu momentum yang dapat melancarkan proses persalinan tersebut, diantaranya adalah :

  1. Membantu mengurangi stress

Melakukan senam hamil dapat meningkatkan kadar serotin di dalam tubuh yang dapat mempengaruhi dan meningkatkan mood anda sehingga hal tersebut dapat membantu serta mengurangi rasa cemas dan stress.

  1. Mengurangi rasa tidak nyaman

Rasa tidak nyaman yang terjadi seperti pusing, nyeri punggung, nyeri yang diakibatkan oleh kehamilan dapat hilang dengan melakukan senam ini sehingga nantinya peredaran darah dapat meningkat dan memperkuat otot perut.

  1. Meningkatkan kebugaran

Kebugaran fisik saat anda hamil memang harus tetap dijaga, apalagi jika ibu hamil tersebut merupakan seorang pekerja, dengan senam ini dapat meningkatkan kebugaran anda sehingga anda benar-benar sehat.

  1. Mengurangi resiko penyakit diabetes kehamilan

Penyakit diabetes dapat terjadi kepada ibu hamil, melakukan senam hamil dapat mengurangi resiko penyakit diabetes yang dapat menyerang anda sewaktu-waktu.

  1. Sebagai persiapan kehamilan

Pada saat anda akan melahirkan tentunya anda harus mempunyai mental dan stamina yang kuat, dengan melakukan senam ini secara rutin dapat meningkatkan stamina dan mental tersebut serta dapat memperkuat otot-otot tertentu yang berhubungan dengan proses persalinan.

Itulah lima manfaat dari senam hamil yang dapat ibu hamil lakukan supaya nantinya anda lebih sehat dan mempunyai kondisi fisik serta mental yang prima.