Manfaat Pemakaian Dari Komputasi Berbasis Awan
Manfaat Pemakaian Dari Komputasi Berbasis Awan

Bagi orang awam keberadaan suatu teknologi komputasi awan tentunya masih cukup samar untuk dipahami secara mendetail. Komputasi merupakan salah satu kegiatan untuk menyimpan dan mengolah data tertentu secara digital. Semua hasil olah data ini kemudian akan disimpan ke dalam media internet atau disebut sebagai awan. Sekarang dimana perkembangan teknologi digital sangat pesat menjadikan komputasi sangat penting untuk dimanfaatkan.

Bagi sebuah perusahaan keberadaan cloud computing memberikan manfaat yang cukup besar, beberapa manfaat tersebut bisa dalam bentuk-bentuk berikut:

1. Data Yang Penyimpanannya Lebih Terpusat

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa semua hasil olah data disimpan di dalam internet maka penyimpanannya lebih terpusat. Kita tidak perlu lagi repot-repot merangkap media penyimpanan untuk mencegah kecolongan maupun file yang corrupt. Data yang berada di satu tempat memungkinkan setiap karyawan untuk menyimpan secara cepat dan mudah. Kemudian ketika dibutuhkan data tersebut lebih mudah dicari sebab penyimpanan secara digital akan lebih rapi.

2. Keamanan Data Yang Jauh Lebih Terjamin

Setiap orang dan perusahaan pastinya memiliki keresahan tersendiri dalam menjaga keamanan data penting perusahaan tersebut. Aman tidaknya sebuah media penyimpanan sekarang ini mudah sekali untuk dibobol dan merugikan perusahaan yang bersangkutan. Solusi untuk menemukan media penyimpanan yang super aman pun menjadi jalan yang harus ditemukan jawabannya. Melalui teknologi berbasis komputasi maka jawaban yang diberikan melebihi apa yang diharapkan. Sebab media penyimpanan di internet memberikan perlindungan maksimal, baik lewat jaminan platform, ISO, dan lain sebagainya.

3. Menjadi Investasi Besar Bagi Perusahaan Yang Bersangkutan

Melalui komputasi maka perusahaan tidak akan memerlukan biaya pengadaan perangkat komputer dalam jumlah yang banyak. Minimnya komputer yang perlu disediakan memberikan jalan untuk berhemat yang cukup luas dan tahan lama. Sebab konsumsi energi listrik perusahaan dapat ditekan kemudian tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan komputer yang ada. Perusahaan dapat terus berjalan meskipun biaya operasional yang dikeluarkan tidak sebesar perusahaan lain yang tidak menggunakan fasilitas komputasi awan yang menarik ini.