Sosok penjaga gawang merupakan sosok paling penting dari kehebatan pertahanan sebuah tim sepak bola. Penjaga gawang merupakan benteng terakhir dari sebuah pertahanan sepakbola. Walaupun tidak mencetak gol, tapi tepisannya terhadap beberapa peluang lawang menjadikannya pahlawan yang sangat dihargai. Begitu pun dengan pria kelahiran Jerman Barat 27 Maret 1986. Berasal dari didikan Schalke 04 Junior pada tahun 1991, Manuel Neuer masuk tim utama Schalke 04 II pada tahun 2004 hingga 2008 dengan banyak penampilan 26 kali bermain.

Kiper yang saat ini tengah banyak diperbincangkan banyak orang ini mengawali karir profesionalna pada tahun 2006 bersama Schalke 04. Selama di Schalke, Neuer bermain apik dan dipercaya pelatih untuk masuk skuat utama. Bermain sebanyak 155 kali bersama dalam rentang 2006 sampai 2011 merupakan pencapaian luar biasa sebagai pemain muda. Selama bermain di Schalke, Neuer bermain apik dan banyak melakukan penyelamatan hingga dirinya banyak dimintai banyak klub Eropa. Manchester United pernah menginginkannya, namun Neuer lebih memilih untuk berlabuh bersama Bayern Munchen pada tahun 2011 hingga saat ini.

Bersama Bayern Munchen, Manuel Neur tampil gemilang dan termasuk sebagai kiper terbaik sebagai penerus Oliver Khan. Berhasil membawa Munchen menyabet gelar Liga Champions pada tahun 2013, kemudian gelar Bundesh Liga menjadikan kehadiran Neuer begitu berarti di Munchen. Dan kehebatannya di Munchen menjadikannya terpanggila untuk masuk skuat asuhan Joachim Loew di tim inti Timnas Jerman mengalahkan Tim Wiese. Bagi mereka yang tidak ketinggalan menonton jadwal bola hari ini tentunya mengetahui Juara Piala Dunia di Brasil 2014 kemarin. Jerman berhasil membawa Trofi Piala Dunia ke Berlin dan Manuel Neuer merupakan salah satu pahlawan Jerman yang berhasil memenangkan duel berat melawan Argentina di Final. Beberapa tendangan akurat yang dilancarkan para bintang sepakbola Argentina berhasil digagalkannya.

Dengan menjadi pahlawan bagi Bayern Munchen dan Timnas Jerman. Manuel Neuer masuk dalam nominasi kandidat peraih Ballon d’Or tahun 2014 ini. Neuer akan bersaing melawan dua pemain terbaik dunia yang pernah beberapa kali mendapatkan gelar tersebut yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Melihat dari perannya yang begitu penting dan prestasinya yan begitu gemilang, sangat pantas jika Manuel Neuer dinobatkan sebagai peraih Ballon d’Or tahun 2014 atau sebagai pemain sepakbola terbaik di Dunia tahun 2014.